nusabali

Pede Naik, Spanyol Siap Ladeni Kroasia

  • www.nusabali.com-pede-naik-spanyol-siap-ladeni-kroasia

SEVILLA, NusaBali
Sempat tertatih-tatih, Spanyol akhirnya lolos ke fase gugur babak 16 besar.

Kepastian itu diraih usai Tim Matador membantai Slowakia 5-0 pada matchday ketiga babak Grup D, di Estadio Olimpico de Sevilla, Kamis (24/6) dinihari Wita. Lima gol Spanyol diawali gol bunuh diri Martin Dubravka, lalu Aymeric Laporte, Pablo Sarabia, Ferran Torres dan bunuh diri Juraj Kucka. Selanjutnya, SPanyol dan akan menghadapi Kroasia di babak 16 besar.

Sedangkan Sergio Busquets terpilih menjadi Star of the Match berkat kontribusnya di lini tengah. Kepada laman resmi UEFA, Busquets mengatakan,  “Ini adalah gaya permainan yang ingin kami lanjutkan. [Kemenangan] ini meningkatkan kepercayaan diri dan moral kami. Sekarang kami akan menghadapi runner-up Piala Dunia Kroasia. Mudah-mudahan kami terus bermain di level ini untuk satu langkah lebih dekat dengan tujuan kami,”kata pemain Barcelona itu.

Busquets tidak bermain penuh di pertandingan melawan Slowakia, mengingat dia ditarik keluar pada menit ke-71 setelah merasa tidak nyaman dengan betisnya. Meski begitu, dia terpilih sebagai Pemain Terbaik karena kontribusinya dinilai krusisal.

“Saya sangat menikmati ini. Sebelum saya ditarik keluar, saya bisa merasakan sedikit tarikan di betis. Saya lantas berkata kepada ‘Mister’ dan dia melakukan tindakan benar untuk tidak membuat saya dalam risiko. Mudah-mudahan saya bisa terus mengakumulasi menit bermain di tim ini. Ini langkah maju setelah dilewatkan sebelumnya dan saya siap untuk menghadapi tantangan ke depan,”kata Busquets.

Soal Kroasia yang akan dihadapi di 16 besar, Busquets menilai, Kroasia telah berevolusi karena satu atau dua pemain seniornya pensiun namun mereka punya beberapa pemain muda bertalenta yang bermunculan. Itu, ditambah pemain senior dan pelatih topnya, menjadikan mereka tim yang bagus. Namun Spanyol juga, dan kini tim yang sulit dikalahkan!.

Spanyol dan Kroasia akan bertemu untuk kali ketiga beruntun di Euro. Adapun gol telat Ivan Perisic memastikan timnya menggeser La Roja dari posisi teratas Grup D lima tahun lalu.

Spanyol sendiri memasuki babak utama Euro 2020 sebagai salah satu unggulan turnamen, dan berakhir sebagai runner-up klasemen akhir Grup E di bawah Swedia. Swedia yang jadi lawan Spanyol di laga pembuka Grup E, mampu menahan Tim Matador 0-0 di Sevilla pada Senin (14/6).

Swedia sendiri menang 3-2 atas Polandia, untuk jadi juara Grup E dengan 7 poin, unggul dua poin atas Spanyol di posisi kedua. Keduanya lolos ke 16 besar, lalu Swedia bertemu Republik Ceko dan Spanyol menghadapi Kroasia. *

Komentar