nusabali

Selam Mulai Petakan Nomor Atlet PON

  • www.nusabali.com-selam-mulai-petakan-nomor-atlet-pon

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali mulai melakukan test penentuan nomor bagi atlet yang nantinya akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara mendatang.

Penentuan nomor ini dilakukan di Kolam Tirta Arum Blahkiuh, Abiansemal, Badung pada Minggu (28/4) siang. Langkah ini sebagai upaya untuk menentukan waktu terbaik masing-masing atlet tersebut pada nomor yang dipertandingkan nantinya.

Ketua Umum POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya menerangkan seluruh atlet PON ini mengikuti penentuan nomor lomba yang akan diikuti pada ajang bergengsi itu. Karena, nama-nama atlet ini nantinya akan diserahkan ke KONI Bali sesuai dengan nomor yang dipertandingkan para atlet. Dalam penentuan ini, lanjut Partha Wijaya, mencari catatan waktu terbaik di nomor yang akan diturunkan. "Sehingga penentuan nomor ini murni karena kemampuan atlit tersebut, bukan karena keinginan atau diatur oleh pelatih. Penentuan nomor ini juga sebelum entry by name ke KONI Bali yang dilaksanakan pada awal Mei mendatang," tegasnya, Minggu (26/4) sore.

Menurut dia, test penentuan nomor ini juga untuk melihat atlet yang selama ini juga mengikuti latihan secara berkala. Karena sangat terlihat mana atlit yang memang mengikuti program dengan baik dan mana yang tidak, jadi atlit yang rajin hadir pelatihan terpusat, untuk catatan waktunya mengalami peningkatan. Kalau yang belum maksimal harus lebih rajin ikut latihan terpusat yang dilaksanakan empat kali dalam sepekan. "Kamis sudah menyiapkan latihan secara terpusat setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu sejak awal Januari yang langsung dilatih langsung oleh 3 orang pelatih dari Pengprov POSSI Bali yaitu coach Rizal, Kayok dan komang, tapi tidak dimanfaatkan oleh beberapa atlit secara maksimal dengan alasan yang beragam, padahal dispensasi dari KONI Bali kepada para atlit untuk fokus berlatih sudah diberikan," ungkapnya 

Bagus Partha Wijaya yang juga Hakim Militer di Ambon ini melihat program yang berikan oleh para coach dari hasil test ini dan Pra PON sangat efektif dan terlihat hasilnya dibandingkan para atlit berlatih di clubnya masing-masing. Artinya program latihan yang dilakukan secara terpusat terlihat hasilnya lebih signifikan didalam peningkatan catatan waktu. Harapannya semoga atlit yang sudah fokus latihan dari awal Januari bisa terus maksimal mengikuti program sehingga catatan waktunya bisa bersaing dengan Rekor PON atau berpotensi mendapatkan medali dalam PON. "Karena kita menargetkan bisa menyumbang ada medali emas yang didapat dari cabor selam untuk Bali," pungkasnya seraya mengakui nomor yang ditest masing-masing 10 nomor puteri termasuk estafet, 8 nomor putera dan open water ada 2 nomor laut. 7 dar

Komentar