nusabali

Suaramu Untuk Indonesia

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

KOALISI
NasDem, PKB, PKS, Partai Ummat
*Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus Pimpin Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin / Timnas AMIN

KOALISI
Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, PSI
*Rosan Perkasa Roeslani Pimpin Tim Kampanye Nasional / TKN Prabowo-Gibran

KOALISI
PDIP, PPP, Perindo, Hanura
*Mohammad Arsjad Rasjid Pimpin Tim Pemenangan Nasional / TPN Ganjar-Mahfud

Sudah siap memilih? Sebelum mengambil keputusan, telaah dengan seksama informasi terkait kandidat yang akan dipilih! Mengetahui dengan lebih rinci mengenai Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Paslon Pilpres) pada Pemilu 2024 sangat penting. Kenali dengan seksama riwayat, visi misi, profil, dan informasi terkini terkait kandidat tersebut.



Polling Cepat Pembaca NusaBali

Siapa Calon Presiden dan Wakil Presiden pilihanmu di Pemilu 2024?

loading
terima kasih telah berpartisipasi

hasil polling cepat Pembaca NusaBali

5%

Anies Baswedan
Muhaimin Iskandar

Jumlah Voter: 18

36%

Prabowo Subianto
Gibran Rakabuming

Jumlah Voter: 140

59%

Ganjar Pranowo
Mahfud MD

Jumlah Voter: 230



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali sudah memfinalisasi daftar calon tetap atau DCT anggota legislatif Provinsi Bali untuk tingkat pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota di Pemilu 2024 yang telah ditetapkan pada 3 November 2023. Masyarakat sipil mendorong partai politik untuk mengarahkan caleg di partainya membuka daftar riwayat hidup mereka untuk dipelajari warga di tengah masa kampanye yang pendek.

Kenali dan Cermati Daftar Calon Tetap Anggota Legislatif Provinsi Bali di Pemilu 2024

Agenda Pemilu 2024

Peraturan KPU No.3 Th 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024
TAHUN 2022
14 Juni 2022 - 14 Juni 2024
Penyusunan perencanaan, program, dan anggaran Pemilu
14 Juni 2022 - 14 Desember 2023
Penyusunan peraturan KPU
14 Oktober 2022 - 21 Juni 2023
Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar Pemilih
29 Juli 2022 - 13 Desember 2022
Pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu
14 Desember 2022
Penetapan Peserta Pemilu
14 Oktober 2022 - 9 Februari 2023
Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan
6 Desember 2022 - 25 November 2023
Pencalonan Anggota DPD

TAHUN 2023
24 April 2023 - 25 November 2023
Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota
19 - 25 Oktober 2023
Masa Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden
28 November 2023 - 10 Februari 2024
Masa Kampanye Pemilu

TAHUN 2024
11 - 13 Februari 2024
Masa Tenang
14 Februari 2024
Pemungutan suara
14 - 15 Februari 2024
Penghitungan suara
15 Februari 2024 - 20 Maret 2024
Rekapitulasi hasil penghitungan suara
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah putusan MK dibacakan
Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD DPD Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPD Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
1 Oktober 2024
Pengucapan sumpah/janji anggota DPR dan DPD
20 Oktober 2024
Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden
Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD kabupaten/kota
Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten/kota
Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD provinsi
Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD provinsi

Berita Seputar Gong Demokrasi Terkini

MANGUPURA, NusaBali.com - Seorang saksi dari Partai Golkar 'tumbang' karena kelelahan saat proses rekapitulasi tingkat kecamatan Daerah Pemilihan (Dapil) Abiansemal, Badung pada Jumat (23/2/2014) siang.

DENPASAR, NusaBali.com - Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyayangkan narasi kecurangan pemilu yang berembus belakangan ini. Utamanya yang menyudutkan ketidaksinkronan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).

DENPASAR, NusaBali.com - Tim Hukum Nasional (THN) Anies-Muhaimin (AMIN) Provinsi Bali mencatat ada dugaan kecurangan berupa penggelembungan suara pada salah satu pasangan calon (paslon).

JAKARTA, NusaBali - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberikan data perolehan suara yang akurat karena itu merupakan hak masyarakat dalam mendapatkan informasi.

DENPASAR, NusaBali - Lolos ke kursi DPRD Bali untuk periode kedua hasil Pemilu 2024, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali, I Ketut Juliarta ternyata sudah punya langkah politik berikutnya. Terbaru, Juliarta dijagokan akan tarung ke kursi Pilkada Klungkung pada November 2024 mendatang.

JAKARTA, NusaBali - Sampai saat ini, perhitungan suara calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto masih unggul dari capres lainnya. Meski begitu, Prabowo telah menerima ucapan selamat atas hasil kemenangan pemilihan presiden 2024 dari sejumlah tokoh dunia. Salah satunya dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed atau MBZ melalui sambungan telepon seluler, Rabu (21/2).

JAKARTA, NusaBali - Partai NasDem menyatakan bahwa Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar siap menggulirkan hak angket bersama PDI Perjuangan guna merespons dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Menurut Adnyana, raihan pada Pemilu 2024 tak maksimal di Tabanan karena sejatinya Demokrat kekurangan figur untuk ikut tarung

AMLAPURA, NusaBali - Sebanyak enam caleg perempuan diprediksi lolos ke DPRD Karangasem melalui Pemilu 2024 ini. Jumlah ini naik dibandingkan Pemilu 2019 lalu yang meloloskan tiga caleg srikandi, dan Pemilu 2014 hanya dua caleg perempuan yang lolos menduduki kursi DPRD Karangasem. Sebanyak 6 caleg perempuan yang lolos di Pemilu 2024 ini, masing-masing tiga orang dari PDIP dan Gerindra.

MANGUPURA, NusaBali - Partai Golkar mengklaim dapat tambahan satu kursi lagi untuk DPRD Badung periode 2024-2029. Satu tambahan kursi didapat dari Dapil Abiansemal yang diraih oleh caleg pendatang baru (new comer), Wayan Joni Pergawa. Sehingga total Golkar memenangkan 11 kursi dari 45 kursi DPRD Badung yang diperebutkan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini.

SINGARAJA, NusaBali  - Pemetaan potensi perolehan kursi DPRD Buleleng pada Pemilu 2024, khusus PDI Perjuangan di Buleleng semakin jelas. Hanya saja dari perhitungan sementara yang dilakukan di internal partai, PDI Perjuangan Buleleng baru dapat mengunci 18 dari 45 kursi DPRD Buleleng. Jumlah perolehan kursi ini pun stagnan dari hasil Pemilu 2019. Bahkan dua kursi PDI Perjuangan di dua dapil berkurang dan beralih ke partai lain.

JAKARTA, NusaBali - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengungkap temuan aparatur sipil negara yang tidak netral selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Temuan itu didapat Komnas HAM di kalangan tingkat desa hingga gubernur yang ada di beberapa daerah.

Disel Astawa mengaku siap tarung ke Pilkada Badung jika mendapatkan restu dari Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto

JAKARTA, NusaBali - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo setuju dan mendorong adanya hak angket DPR RI untuk menyelidiki dugaan kecurangan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dia juga mendorong DPR untuk segera melakukan pemanggilan terhadap penyelenggara Pemilu. Politikus berambut putih itu mengatakan, sehari setelah pencoblosan, pihaknya bersama partai pengusung langsung melakukan evaluasi.

BANGLI, NusaBali - Caleg pendatang baru (new comer) dari PDI Perjuangan, I Ketut Bakuh bertengger di urutan pertama alias sebagai peraih suara terbanyak pada Pileg 2024 di Kabupaten Bangli. Bakuh membukukan kemenangan 5.755 suara sehingga lolos ke DPRD Bangli.

TABANAN, NusaBali - Karier politik politisi Golkar yang caleg incumbent DPRD Bali, I Nyoman Wirya di Pileg 2024 kembali moncer. Setelah sebelumnya dalam pencalegan namanya sempat digantung bahkan nyaris tak masuk dalam daftar caleg, kini dia diprediksi lolos ke DPRD Bali dari Dapil Tabanan dengan raihan 14.000-an suara.

JAKARTA, NusaBali - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku sempat meminta doa restu kepada calon presiden (Capres) Prabowo Subianto sebelum dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

JAKARTA, NusaBali.com - Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

GIANYAR, NusaBali.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 14 Banjar Tojan, Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar telah dilangsungkan pada Rabu (21/2/2024). Hasilnya pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tetap unggul untuk kontestasi pemilihan presiden-wakil presiden.

GIANYAR, NusaBali.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 14 Banjar Tojan, Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Rabu (22/2/2024) tidak berjalan sesuai harapan. Hingga pukul 12.00 WITA, hanya 118 dari 271 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.