nusabali

Suaramu Untuk Indonesia

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

KOALISI
NasDem, PKB, PKS, Partai Ummat
*Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus Pimpin Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin / Timnas AMIN

KOALISI
Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, PSI
*Rosan Perkasa Roeslani Pimpin Tim Kampanye Nasional / TKN Prabowo-Gibran

KOALISI
PDIP, PPP, Perindo, Hanura
*Mohammad Arsjad Rasjid Pimpin Tim Pemenangan Nasional / TPN Ganjar-Mahfud

Sudah siap memilih? Sebelum mengambil keputusan, telaah dengan seksama informasi terkait kandidat yang akan dipilih! Mengetahui dengan lebih rinci mengenai Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Paslon Pilpres) pada Pemilu 2024 sangat penting. Kenali dengan seksama riwayat, visi misi, profil, dan informasi terkini terkait kandidat tersebut.



Polling Cepat Pembaca NusaBali

Siapa Calon Presiden dan Wakil Presiden pilihanmu di Pemilu 2024?

loading
terima kasih telah berpartisipasi

hasil polling cepat Pembaca NusaBali

5%

Anies Baswedan
Muhaimin Iskandar

Jumlah Voter: 18

36%

Prabowo Subianto
Gibran Rakabuming

Jumlah Voter: 143

59%

Ganjar Pranowo
Mahfud MD

Jumlah Voter: 232



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali sudah memfinalisasi daftar calon tetap atau DCT anggota legislatif Provinsi Bali untuk tingkat pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota di Pemilu 2024 yang telah ditetapkan pada 3 November 2023. Masyarakat sipil mendorong partai politik untuk mengarahkan caleg di partainya membuka daftar riwayat hidup mereka untuk dipelajari warga di tengah masa kampanye yang pendek.

Kenali dan Cermati Daftar Calon Tetap Anggota Legislatif Provinsi Bali di Pemilu 2024

Agenda Pemilu 2024

Peraturan KPU No.3 Th 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024
TAHUN 2022
14 Juni 2022 - 14 Juni 2024
Penyusunan perencanaan, program, dan anggaran Pemilu
14 Juni 2022 - 14 Desember 2023
Penyusunan peraturan KPU
14 Oktober 2022 - 21 Juni 2023
Pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar Pemilih
29 Juli 2022 - 13 Desember 2022
Pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu
14 Desember 2022
Penetapan Peserta Pemilu
14 Oktober 2022 - 9 Februari 2023
Penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan
6 Desember 2022 - 25 November 2023
Pencalonan Anggota DPD

TAHUN 2023
24 April 2023 - 25 November 2023
Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota
19 - 25 Oktober 2023
Masa Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden
28 November 2023 - 10 Februari 2024
Masa Kampanye Pemilu

TAHUN 2024
11 - 13 Februari 2024
Masa Tenang
14 Februari 2024
Pemungutan suara
14 - 15 Februari 2024
Penghitungan suara
15 Februari 2024 - 20 Maret 2024
Rekapitulasi hasil penghitungan suara
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah putusan MK dibacakan
Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPR Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten/Kota Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD DPD Catatan: Jika tidak terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
Maks. H+3 setelah KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional pasca putusan MK
Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPD Catatan: Jika terdapat permohonan perselisihan hasil Pemilu
1 Oktober 2024
Pengucapan sumpah/janji anggota DPR dan DPD
20 Oktober 2024
Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden
Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD kabupaten/kota
Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten/kota
Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota DPRD provinsi
Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD provinsi

Berita Seputar Gong Demokrasi Terkini

SINGARAJA, NusaBali - Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Buleleng untuk Pilkada 27 November 2024 mendatang akan menyusut hingga separuh dari jumlah saat Pemilu 14 Februari lalu. Penyusutan jumlah TPS disebabkan karena ada perubahan jumlah pemilih di setiap TPS.

TABANAN, NusaBali - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabanan  bersiap rekrutmen Panitia Pengawasan Pemilihan Kecamatan (Panwascam) serangkaian Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

JAKARTA, NusaBali - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak seluruh partai politik untuk kembali bersatu atau rekonsiliasi ke dalam koalisi pemerintahan ke depan.

DENPASAR, NusaBali - Wacana Partai Politik oposisi bakal muncul atas hasil Pemilu 2024 makin hangat. Walaupun kata ‘oposisi’ di Indonesia terkadang berkesan negatif, dan lebih familiar dengan istilah ‘berada di luar pemerintahan’ tetapi sebenarnya diantara kedua diksi itu terdapat banyak esensi yang serupa.

JAKARTA, NusaBali - Tahapan persidangan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres di Mahkamah Kostitusi (MK) telah berakhir pada Jumat (5/4). MK akan memutus perkara tersebut, Senin (22/4) mendatang. Ketua Presidium Nasional Jaringan Kerja Akar Rumput Bersama Ganjar (Jangkar Baja) I Ketut Guna Artha atau biasa disapa Igat berharap MK mengambil putusan secara progresif.

JAKARTA, NusaBali - Mantan politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi penasihat khusus bagi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

BANGLI, NusaBali - Tahapan Pilkada serentak 2024, sudah dimulai. Dampaknya, Pemkab Bangli dan pemerintah daerah lain wajib untuk sementara menyetop mutasi pejabat hingga tahapan Pilkada usai. Mutasi dapat dilakukan jika mendapat persetujuan dari Mendagri.

BANGLI, NusaBali - Partai politik yang menempatkan kader di DPRD Bangli sejauh ini belum ada arah membangun koalisi untuk menyongsong Pilkada Bangli, 27 November 2024. Terutama parpol di luar PDIP dan Golkar, yakni Partai Gerindra, NasDem, dan Demokrat. Seperti diketahui pada Pilkada Bangli 2020 lalu, Partai Gerindra dan Demokrat berkoalisi dengan PDIP, sedangkan Partai NasDem berkoalisi dengan Partai Golkar.

JAKARTA, NusaBali - Dosen Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Agus Riewanto mengatakan kehadiran 4 menteri pada sidang lanjutan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4) memberikan transparansi dan akuntabilitas mengenai penyaluran bantuan sosial (bansos).

Gubernur DKI, maka bisa terjadi 'pertempuran' sengit dengan beberapa partai seperti PKS, PDIP, ataupun NasDem, di mana nama-nama calon dari partai-partai tersebut juga sudah muncul ke permukaan

SINGARAJA, NusaBali - Sejumlah pemuda dan relawan mendeklarasikan diri siap mengawal I Nyoman Sutjidra menuju Buleleng I (Bupati) pada Pilkada 2024. Deklarasi dukungan tersebut disampaikan saat pendirian Rumah Relawan Jengah Optimis Sukseskan Sutjidra (JOSS) 2024, di Jalan Setiabudi, Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Senin (8/4).

JAKARTA, NusaBali - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai program bantuan sosial (bansos) tidak mempunyai korelasi untuk kemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Prabowo–Gibran pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

JAKARTA, NusaBali - Dua organisasi masyarakat (ormas) bentukan Partai Golkar menyerahkan surat dukungan kepada Airlangga Hartarto, untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029.

JAKARTA, NusaBali - Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menjelaskan alasan MK tidak memanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

SEMARAPURA, NusaBali - Jajaran DPC PDIP Klungkung menggelar rapat terkait persiapan Pilkada 2024 di sekretariat DPC PDIP Klungkung, Sabtu (6/4). Dalam kesempatan itu sekaligus dilakukan penjaringan bakal calon untuk disiapkan tarung Pilkada Klungkung pada November nanti.

Untuk Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil akan bersaing dengan sesama kader Golkar, yakni Ahmad Zaki Iskandar dan Erwin Aksa.

BANGLI, NusaBali - Partai Golkar Bangli telah melakukan rapat dengan agenda menjaring nama-nama yang akan diusulkan sebagai kandidat calon Bupati Bangli di Pilkada, 27 November 2024 nanti. Ada empat kandidat calon bupati yang diusulkan, yakni Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, anggota DPRD Bali I Wayan Gunawan, Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Made Winuntara, dan I Made Subrata yang sempat diusung pada Pilkada 2020 lalu.

SINGARAJA, NusaBali - Sejumlah nama elite politik hingga tokoh masyarakat berpengaruh asal Buleleng berpotensi ikut dalam kontestasi Pilkada 2024. Nama-nama itu pun kini mulai ramai diperbincangkan. Tak hanya dalam obrolan langsung, dukungan warga di media sosial juga berseliweran. Salah satunya yang dibicarakan adalah Pj Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana.

JAKARTA, NusaBali - Wali Kota Medan Bobby Nasution mendatangi DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. Bobby menghadiri pengarahan bakal calon kepala daerah Partai Golkar, pada Sabtu (6/5/2024). Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto yang langsung memberikan pengarahan.

JAKARTA,NusaBali - Politik perkembangannya dalam hitungan detik. Pasca tarung Pilpres 2024 partai politik yang berseberangan bisa saling berangkulan. Sinyal itu terlihat dari pernyataan Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid yang mengklaim partainya hingga kini tetap akrab dengan Partai Gerindra.