nusabali

DPRD Bali Usul Stimulus Media Diperluas ke Jurnalis

  • www.nusabali.com-dprd-bali-usul-stimulus-media-diperluas-ke-jurnalis

DENPASAR, NusaBali
Stimulus kepada perusahaan media baik cetak maupun online oleh Pemprov Bali didorong diperluas kepada para jurnalis atau perorangan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

Usulan itu pun menjadi rekomendasi rapat antara DPRD Bali dengan Tim Anggaran Pemprov Bali. Bantuan kepada jurnalis secara langsung ini dibahas dalam rapat Anggaran DPRD Bali dengan eksekutif di Gedung DPRD Bali, Niti Mandala Denpasar, Selasa (7/7) siang kemarin. Dalam rapat itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry, dihadiri Ketua Komisi II DPRD Bali Ida Gede Komang Kresna Budi. Sementara dari eksekutif hadir Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah yang juga Sekda Pemprov Bali Dewa Made Indra, didampingi Kepala Bappeda I Wayan Wiastana Ika Putra dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Bali I Gede Pramana.

Secara prinsip, anggaran yang diperuntukkan sebagai bantuan ditengah pandemi Covid-19 kepada awak media disepakati. Nanti skemanya akan diatur melalui leading sector Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Bali yang dikomandani Gede Pramana.

Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry usai rapat Tim Anggaran Daerah Provinsi Bali Selasa kemarin mengatakan, anggaran bantuan untuk lembaga media oleh Pemprov Bali sangat bagus dalam memberikan dukungan dan motivasi kepada media yang juga terdepan dalam menginformasikan pandemi Covid-19 untuk masyarakat. Sehingga tersaji informasi yang bermanfaat ditengah situasi pandemi. "Kita sangat apresiasi karena lembaga atau perusahaan media sudah diberikan bantuan. Namun kalau bisa diperluas kepada awak media atau para wartawan media cetak atau media online tentu sangat bagus,” ujarnya. "Tentunya bantuan kepada awak media secara langsung ini sesuai dengan ketentuan dan verifikasi," imbuh politisi senior Golkar Bali asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, ini.

Sugawa Korry juga tegaskan dalam rapat kemarin, Tim Anggaran Pemprov Bali telah menyetujui. "Kesimpulan rapat ya menyetujui anggaran bantuan untuk media terutama pekerja pers atau wartawan dan wartawati. Nanti eksekutif akan menindaklanjuti," ujar Ketua DPD I Golkar Bali ini.

Sementara Kepala Bappeda Pemprov Bali Ika Putra mengatakan, pada prinsipnya tidak ada persoalan dengan usulan DPRD Bali dengan ide pemberian bantuan kepada wartawan/wartawati. "Skemanya itu sedang disusun oleh Dinas Kominfo. Polanya seperti apa itu sedang disusun. Kalau menyangkut angka berapa kami tidak ingat besarannya karena takut salah dan tidak akurat. Nggak bawa data," ujar mantan Kabag Rumah Tangga Setda Provinsi Bali ini. *nat

Komentar