nusabali

Basket Indonesia dan Dunia Olahraga Berduka

Legenda NBA Kobe Bryant Tewas Kecelakaan Helikopter

  • www.nusabali.com-basket-indonesia-dan-dunia-olahraga-berduka

Tewasnya Kobe Bryant menjadi duka mendalam bagi dunia olahraga, termasuk basket Indonesia.

JAKARTA, NusaBali
Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, meminta agar filosofi mamba mentality yang dicanang Kobe Bryant tak boleh mati.

Kobe meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada Senin (27/1) dini hari Wita. Helikopter yang ditumpanginya terjatuh dan terbakar di kawasan Calabasas, California.

Tak hanya Kobe, ada delapan orang lainnya yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Anak kedua Kobe, Gianna Onare, yang berusia 13 tahun juga menjadi korban tewas.

"Kobe Bryant adalah legenda dan ikon yang sangat fenomenal. Imbas yang diberikan kepada bola basket secara global sangat menginspirasi pemain basket, baik di NBA maupun negara-negara lainnya termasuk di Indonesia," kata Fareza kepada detikSport, Senin (27/1).

Kendati kehilangan sosok panutan, Fahreza meminta agar prinsip hidup mamba mentality tetap hidup dan dapat ditiru pemain basket Indonesia. Kobe menyebutkan ‘mamba mentality’ sebagai upaya menunjukkan kemampuan terbaik di segala bidang. Bukan hanya sebagai atlet namun dalam kehidupan sehari-hari dan hari ini harus lebih baik daripada kemarin. Prinsip ini utamanya untuk para pemain basket di Timnas yang sebentar lagi akan tampil di Kualifikasi FIBA Asia dan menjadi tuan rumah FIBA Dunia 2023.

"Sosok Kobe Bryant merupakan panutan yang sangat dikenal dengan mamba mentality, yang mana memberikan ajaran serta motivasi terutama kepada seluruh atlet basket untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri kita masing- masing dalam berkompetisi," kata Fareza.

"Dengan begitu dapat menciptakan mentalitas pemenang dimana kita harus selalu berbuat yang terbaik pada setiap kesempatan di segala aspek kehidupan," kata pria yang akrab disapa Mocha itu.

Tak hanya basket Indonesia, dunia olahraga pun kaget atas kabar itu untuk kemudian serempak menyampaikan duka cita. Bintang-bintang olah raga termashyur tumpah ke media sosial untuk mengungkapkan dua cita kepada sang superstar.

Di antara yang menumpahkan duka cita ke media sosial, adalah superstar NFL Tom Brady, legenda atletik Usain Bolt, bintang bisbol Amerika Daniel Norris, pebasket Dwyane Wade, dan sejumlah bintang NBA lainnya. Juga mantan rider MotoGP Jorge Lorenzo.

Tak ketinggalan bintang sepakbola seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Neymarjuga menyampaikan dukacita. Selain itu, klub sepakbola ternama, mulai dari Barcelona, AC Milan, Juventus, dan klub-klub MLS.

Kobe Bryant meninggal dunia setelah 20 musim di Los Angeles untuk membela Los Angeles Lakers dan lima kali menjuarai NBA. Dia menjadi Most Valuable Player NBA pada 2007-2008, 15 kali masuk seleksi All-NBA, 18 kali masuk All-Star dan 12 kali masuk tim All-Defensive.

Kobe memainkan 1.346 pertandingan sepanjang karirnya dan gantung sepatu dengan menyandang status pencipta poin terbanyak ketiga sepanjang sejarah NBA dengan 33.643 poin.

Sabtu malam pekan lalu bintang Lakers lainnya LeBron James menyalip dia di atas dalam daftar pencetak poin terbanyak sepanjang masa ketika dia mencatat 29 poin melawan Philadelphia 76ers. Bryant berada di belakang Kareem Abdul-Jabbar, Karl Malone dan James dalam daftar pencetak skor terbanyak sepanjang masa.

Kobe turut mengantarkan Amerika Serikat dua kali meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012. Tahun ini dia menjadi salah satu kandidat masuk Naismith Baskeball Hall of Fame.

Bryant dan istrinya, Vanessa, memiliki empat anak perempuan, masing-masing Gianna, Natalia, Bianca dan Capri yang terakhir ini berusia 7 bulan karena baru lahir pada Juni 2019. *

Komentar