nusabali

Populerkan Basket di Daerah, IBL Gelar Laga Kandang-Tandang

  • www.nusabali.com-populerkan-basket-di-daerah-ibl-gelar-laga-kandang-tandang

JAKARTA, NusaBali - Direktur Utama Indonesia Basketball League (IBL) Junas Mirardiarsyah mengatakan format baru kompetisi basket nasional musim mendatang,  dengan laga kandang dan tandang atau home and away. Format kompetisi tersebut bertujuan untuk mempopulerkan olahraga bola basket di daerah.

"Home and away diharapkan dapat meningkatkan popularitas klub di daerahnya sendiri. Karena mereka akan tampil di hadapan pendukungnya sendiri setiap home game," kata Junas, di laman resmi IBL, Minggu (26/11).

Format laga kandang dan tandang sebelumnya pernah dilakukan pihak IBL dalam babak playoff musim 2023. Setiap kontestan yang lolos babak gugur itu harus menentukan satu arena olahraga sebagai kandang masing-masing tempat digelarnya pertandingan playoff.

Untuk musim 2024, pihak IBL memperluas format laga kandang dan tandang menjadi di sepanjang musim reguler. Artinya, laga kandang dan tandang tidak digelar hanya pada babak playoff, namun sejak gim pertama IBL 2024.

Junas juga menyebut tujuan dari laga kandang dan tandang sebagai investasi jangka panjang yang akan menguntungkan klub peserta IBL dengan semakin banyaknya basis penggemar di kota masing-masing.

"Juga jangan lupa, ramainya bursa transfer tahun ini tentunya akan membuat IBL Fans makin penasaran dengan tim kesayangannya," kata Junas.

Junas mengakui banyak kejutan terutama dengan pindahnya beberapa pemain kunci. Misalnya, Abraham Damar Grahita yang pindah dari Prawira ke Satria Muda. Lalu MVP Final IBL 2023 M Reza Fahdani Guntara dari Prawira Harum Bandung yang musim depan akan bermain untuk Pelita Jaya Bakrie Jakarta.

Juga kembalinya Brandon Jawato ke IBL setelah adanya aturan mengenai pemain heritage. Semuanya bakal menjadikan persaingan liga semakin sengit. ant

Komentar