nusabali

Karangasem Pertahankan 6 Emas UDG

  • www.nusabali.com-karangasem-pertahankan-6-emas-udg

Kontingen Utsawa Dharma Gita (UDG) Karangasem penuhi target meraih enam medali emas di ajang UDG yang digelar di Art Center Jalan Nusa Indah Denpasar.

AMLAPURA, NusaBali
Target ini sama dengan  perolehan medali emas UDG tahun 2018. Kontingen UDG Karangasem juga bertahan di peringkat ketiga.  Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem I Putu Arnawa mengatakan pasang target meraih enam medali emas UDG sama dengan perolehan tahun 2018. Dikatakan, .UDG Provinsi Bali di Art Center Jalan Nusa Indah Denpasar diigelar dari tanggal 30 Juli-1 Agustus. Kontingen UDG Karangasem hanya ikut di 34 nomor dari 37 nomor lomba. Prestasi Karangasem mengalami penurunan dibandingkan di UDG Tingkat Provinsi Bali 2016 saat itu sebagai juara umum II, meraih delapan medali emas, kemudian turun di UDG tahun 2018 jadi enam medali emas, sebagai juara umum III.

Kontingen UDG Karangasem dibimbing Ketua Widya Sabha Karangasem Ida Bagus Wayan Oka Diksa, Kadis Kebudayaan I Putu Arnawa, Kabid Kesenian I Gede Sukasari, dan para pembina lainnya. “Kami memang prediksi, raihan medali emas tahun ini, sesuai potensi yang kami miliki,” kata Putu Arnawa, Selasa (2/8). Kontingen Karangasem katanya di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 6 emas, 6 perak, dan 6 perunggu, di bawah juara umum: Badung dengan 18 emas, 14 perak, dan 2 perunggu, disusul peringkat kedua Denpasar dengan 6 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. Sedangkan Bangli juru kunci, dengan 1 emas, dan 3 perunggu.

Karangasem meraih enam medali emas sesuai dalam daftar pemenang yang diumumkan, dalam rekap dikeluarkan panitia. Keenam emas yang dimenangkan yakni dari Ni Ketut Ayu Mertha Sari dan Ni Kadek Ayu Paramanandani nomor membaca palawakya berpasangan dewasa putri, I Ketut Widnyana Arta Kusuma nomor dharma wacana bahasa Bali anak-anak putra, Ni Kadek Suci Susilawati dharma wacana bahasa Bali anak-anak putri, Ida Wayan Gopala Nanda Laksana menghafal sloka dewasa, Ida Nyoman Kumarayana nomor dharma wacana bahasa Bali remaja putra, dan I Kadek Abdhi Yasa nomor dharma wacana berbahasa Bali dewasa putra.

“Ketujuh pemenang dari Karangasem itu berhak mewakili Bali, di UDG Nasional, di Ambon Tahun 2020," lanjut I Putu Arnawa. Tahun lalu juga menang di nomor itu juga. “UDG Provinsi Bali yang akan datang, kami lebih kerja keras lagi, untuk meningkatkan prestasi,” katanya. *k16

loading...

Komentar