nusabali

Desa Selemadeg Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • www.nusabali.com-desa-selemadeg-gelar-pelatihan-jurnalistik

TABANAN, NusaBali - Ibu PKK dan Karang Taruna Desa/Kecamatan Selemadeg diberikan pelatihan jurnalistik pada Jumat (26/4). Pelatihan atas kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tabanan dengan Desa Selemadeg, ini bertujuan untuk mengembangkan bakat jurnalistik lokal sekaligus bagian dari ajang memromosikan desa.

Perbekel Desa Selemadeg Wayan Arsa Wikanta mengatakan, pelatihan jurnalistik Desa Selemadeg ini untuk menindaklanjuti perkembangan era digitalisasi saat ini.  Diharapkan, melalui pelatihan ini para peserta dapat memahami cara penulisan berita yang sifatnya sederhana untuk nantinya bisa diaplikasikan pada website pemerintah desa. Mengingat banyak nya kegiatan rutin desa termasuk potensi desa yang bisa dipromosikan.

"Semua sudah tahu bahkan pernah membuka medsos, namun kedepan bagaimana media sosial ini dapat dimanfaatkan dengan baik agar tidak terseret kasus hukum, pelatihan ini sangat penting selain untuk belajar juga untuk memahami bagaimana memanfaatkan medsos dengan bijak," terangnya

 Ketua PWI Tabanan Dewi Puspawati sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas inisiasi pelatihan jurnalistik yang digelar Pemerintah Desa Selemadeg. Dia pun berharap setelah selesai mengikuti pelatihan ini para peserta yang merupakan sekaa teruna dan ibu ibu PKK di Desa Selemadeg ini dapat meningkatkan pemahamannya dibidang jurnalistik. Karena belajar ilmu jurnalistik bukan harus menjadi wartawan atau jurnalis. Namun bisa diaplikasin untuk menginformasikan kegiatan yang dilakukan di website resmi desa.

Pada pelatihan jurnalistik kali ini, Penasihat PWI Tabanan Wayan Ariasa menyampaikan materi tentang pengantar jurnalistik dasar dan sejarah pers. Bahkan turut pula juga dijelaskan materi tentang enam unsur berita yaitu Apa (What), Siapa (Who), Dimana (Where), Kapan (When), Mengapa (Why) dan Bagaimana (How). Dia juga menjelaskan tentang Teknik Reportase. Bahkan para peserta juga dilatih membuat kemasan berita sederhana yang nantinya bisa diaplikasikan oleh peserta di setiap kegiatan program desa.

Pasa kesempatan tersebut juga diberi pemahaman agar bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak menimbulkan persoalan termasuk persoalan hukum. Selain itu juga diharapkan setiap desa atau dusun punya akun resmi dan berita atau informasi  dishare diakun resmi  sehingga  informasi yang disampaikan benar benar valid.7des

Komentar