nusabali

Tim Para Bulutangkis Raih Prestasi di Jepang

  • www.nusabali.com-tim-para-bulutangkis-raih-prestasi-di-jepang

TOKYO, NusaBali - Usai mengikuti Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China pada 22-28 Oktober 2023, tim nasional para-bulutangkis terus berjuang menggapai prestasi. Mereka bertanding di kejuaraan Hulic Daihatsu Japan Para-Badminton International 2023 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, 7-12 November 2023.

Dalam kejuaraan yang merupakan rangkaian mencari poin untuk lolos ke Paralimpiade Paris 2024 itu, timnas para-bulu tangkis mampu berprestasi dengan merebut satu medali emas, lima perak dan tiga perunggu. Medali emas dipersembahkan oleh ganda campuran SL3-SU5, Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani.

Dalam pertandingan final yang digelar di Yoyogi National Stadium First Gymnasium, Minggu (12/11), Ratri/Hikmat mengalahkan rekan senegaranya, Khalimatus Sadiyah/Fredy Setiawan dengan skor 21-15 dan 21-13. Ratri bersyukur bisa merebut gelar juara di turnamen yang masuk kalender BWF Para Badminton International Level 2 tersebut.

Pasalnya, semua pemain Indonesia harus bertanding dalam suasana kejenuhan, karena sebelumnya mereka bertanding di ajang bergengsi Asian Para Games 2022. "Kami sangat bersyukur dan senang bisa menjadi juara bagi Indonesia. Namun, pada event kali ini perasaannya tidak seantusias mengikuti event-event lainnya," jelas Ratri, Selasa (14/11).

Hal itu, lanjut Ratri, karena kondisi tubuh yang sangat lelah lantaran padatnya kegiatan dalam beberapa waktu terakhir. “Lawan tangguh dalam turnamen ini berasal dari China dan India. Tetapi kami juga harus melawan rasa jenuh, karena bertanding dan berlatih di luar negeri dalam waktu lama,” ucap Ratri.

Kejenuhan memang sedang dirasakan oleh kedelapan atlet para-bulu tangkis Indonesia tersebut. Sebab, setelah tampil di Asian Para Game Hangzhou, timnas para-bulu tangis Indonesia mengikuti latihan di Machida Jepang sebelum tampil di Hulic Daihatsu Japan Para-Badminton International 2023.

“Kondisi badan kami belum cukup fit selama mengikuti latihan dan bertanding di Jepang. Kami juga harus melawan rasa jenuh selama di sini,” kata Hikmat.

Sementara itu, lima medali perak bagi kontingen para-bulu tangkis Indonesia dipersembahkan oleh tunggal putra SL4, Fredy Setiawan, tunggal putra SU5 Suryo Nugroho, Qonitah Ikhtiar Syakuroh (tunggal putri SL3).

Lalu Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (ganda putri SL3-SU5), Khalimatus Sadiyah/Fredy Setiawan (ganda campuran SL3-SU5). Tiga medali perunggu dipersembahkan oleh tunggal SU5 Dheva Anrimusthi, tunggal putri SL4 Leani Ratri Oktila dan tunggal putri SL4, Khalimatus Sadiyah. 7k22

Komentar