nusabali

Perahu Naga Putra Persembahkan Emas

  • www.nusabali.com-perahu-naga-putra-persembahkan-emas

JAKARTA, NusaBali - Tim Indonesia kembali menambah perolehan medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou, China. Medali emas ketujuh dipersembahkan dragon boat atau perahu naga putra nomor 1000 meter. Sedangkan tim putri di nomor yang sama meraih medali perak.

Di arena Wenzhou Dragon Boat Centre, tim yang berisi 12 pedayung itu mampu mencatatkan waktu 4 menit 31,135 detik sekaligus memastikan sebagai yang tercepat di nomor 1000 meter. Andri Agus Mulyana dkk juga dengan cerdik menahan diri sebelum menyerang pada tahap akhir.

“Mereka berusaha menguji kami, tapi kami tetap tenang. Kami lakukan sesuai instruksi pelatih, kami eksekusi di finish dan Alhamdulillah kami bisa mengejar China. Ini berkat kerja sama pelatih, pengurus dan teman-teman kami semua,”kata Andri.

Menurut Andri, strategi lomba tidak terpancing saat di awal karena musuh utama China tentu sangat kuat. Tambahan satu emas dan satu perak ini membuat posisi Tim Indonesia sementara berada di urutan ke-13 dengan 7 medali emas, 11 perak dan 17 perunggu.

Pelatih perahu naga Indonesia Suryadi mengatakan, secara umum, semua atlet setiap berlomba memberikan performa yang terbaik. Kemudian perbandingannya dengan prestasi latihan di Jatiluhur dan beberapa uji coba sebelum Asian Games ini, yakni mereka mampu melampaui catatan terbaiknya, rata-rata lebih baik 1 sampai 2 detik.

Zubakri dkk mengalahkan pedayung tuan rumah China yang mencatatkan watu 4 menit 31,182 detik atau selisih 0,047 detik. Medali perunggu direbut Myanmar dengan selisih waktu 1,824 detik.

“Setiap ketemu dengan China memang selalu close finish, kalahnya tipis cuma 0,0 sekian detik. Ada sejarah sendiri persaingan dengan China ini sangat-sangat ketat hampir di semua nomor, jadi kalau menghadapi China kita harus all out,” kata Suryadi.

Suryadi menerangkan, tim pelatih selalu menyuntikkan motivasi kepada seluruh atlet untuk berjuang memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara. Pesannya kepada para atlet hanya satu, yakni jangan sampai catatan waktu yang didapatkan di Asian Games 2022 berada di bawah catatan waktu latihan.

Sedangkan untuk nomor 1000 meter putri, Ayuning Tika Vihari dkk mampu menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 4 menit 55,385 detik atau selisih 3,937 detik dari China yang meraih emas.

Posisi ketiga direbut Korea Selatan dengan selisih 4,220 detik dari China. Tim Indonesia dragon boat sebetulnya menargetkan dua medali emas dari Asian Games 2022 Hangzhou. Hasil akhir menyebut, dragon boat sudah menyumbangkan satu medali emas, empat perak dan satu perunggu di Asian Games 2022. k22

Komentar