nusabali

Penataan Pantai Jerman Tahap I Hampir Rampung

  • www.nusabali.com-penataan-pantai-jerman-tahap-i-hampir-rampung

Penataan tahap I Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Badung hampir rampung.

MANGUPURA, NusaBali
Pada tahap I proyek senilai Rp 6,7 miliar ini progresnya telah mencapai 76 persen. Progres ini lebih cepat dari rencana awal 72 persen. Kepala Seksi Pemanfaatan Ruang PUPR Badung I Putu Gede Adhi Mantra, mengatakan penataan tahap I pada pantai yang ramai dikunjungi wisatawan itu meliputi gate masuk, tempat parkir, tempat pedagang souvenir, open stage.

“Penataan Pantai Jerman ini kami reposisi kembali. Artinya kami menata kawasan itu agar lebih indah. Nantinya kami tetap mengakomidir semua pedagang ataupun nelayan yang berada pada kawasan itu. Untuk sementara saat ini semuanya kami geser hingga penataan tahap satu ini tuntas,” tuturnya, Rabu (17/10).

Dikatakannya, sebelumnya pada kawasan itu tak dilengkapi dengan tempat parkir yang memadai. Dalam penataan yang dilakukan ini sudah lengkap dengan tempat parkir untuk mobil maupun kendaraan roda dua. Selain itu dilengkapi tempat untuk rekreasi. Tujuannya agar pengunjung yang datang merasa nyaman dan dapat menikmat suasanan pantai yang indah.

Dia merincikan untuk tempat parkir yang baru ini dapat menampung 50 mobil dan sekitar 70-an lebih sepeda motor.

“Untuk stan dan art shop-nya saya lupa. Kebetulan saya sedang di luar. Datanya ada di kantor. Saya tidak hafal semuanya. Pastinya semua pedagang yang sebelumnya berjualan di sana kami fasilitasi,” kata Adhi Mantra.

Untuk stan yang ada di pintu masuk yang saat ini masih beroperasi, akan dibongkar. Stan itu adalah stan sementara bagi pedagang yang sebelumnya berjualan di pantai, yang saat ini sedang dilakukan penataan. Nantinya kalau penataan di pantai sudah selesai dilakukan, semuanya akan direlokasi ke tempat baru.

“Tagline nanti akan ditulis pada open stage-nya. Open stage itu tidak dibuatkan untuk tempat hiburan tetapi hanya sekadar untuk tempat nongkrong dan foto-foto. Nanti di situ hanya diisi tulisan Pantai Jerman,”

Adhi Mantra mengatakan, tahun depan rencananya akses dari pintu masuk hingga ke tempat parkir yang sedang dikerjakan sekarang akan dipaving. Hal ini untuk memberi kesan apik dan bersih pada akses masuk menuju kawasan. Selama ini pintu masuk menuju pantai terkesan sempit dan belum diaspal.

Sementara untuk mengakomodir aktivitas nelayan di sana, pihaknya juga sudah menyiapkan tempat tambat perahu. Selain itu, balai kelompok nelayan yang ada di sana juga akan ditata.

“Untuk balai kelompok nelayan di sana juga kami reposisi. Kami akomodir semua balai kelompok nelayan itu. Kami tata ulang sehingga tak terlihat kumuh,” tandasnya. *po

Komentar