nusabali

Bupati Giri Prasta Salurkan BKK di Karangasem Rp 109 M

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-salurkan-bkk-di-karangasem-rp-109-m

AMLAPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyalurkan BKK (Bantuan Keuangan Khusus ) Pemkab Badung Rp 109 miliar untuk warga masyarakat Karangasem. Hal ini terungkap dalam acara Badung Angelus Bhuana di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Rabu (17/4).

Bantuan itu, berdasarkan pengajuan 129 proposal yang diajukan masyarakat Karangasem berasal dari pangempon dadia, merajan, pamaksan, banjar adat, bale desa, dan pangempon Pura Kahyangan Tiga.

Tahun 2023, Bupati Giri Prasta membantu Rp 47,2 miliar, kali ini mengalami kenaikan secara fantastis. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis, langsung masuk rekening penerima.

“Bantuan ini juga untuk pemerataan ekonomi dan untuk meningkatkan daya beli masyarakat," jelas Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta mengingatkan, dengan adanya bantuan itu, agar dalam pelaksanaannya tidak berekses hukum. Atas dasar itu agar bantuan itu digunakan tepat sasaran, sesuai proposal yang diajukan sebelumnya.

Sebab, realisasi bantuan itu nanti dicek langsung petugas Inspektorat Daerah Pemkab Badung.

Bukan saja kali ini katanya menyalurkan bantuan, ke depan bantuan berkelanjutan. Bantuan kali ini tertuang di APBD Pemkab Badung 2024, nanti ada lagi bantuan di APBD Perubahan Pemkab Badung 2024.

Bupati Giri Prasta juga bertekad untuk melakukan terobosan, membangun Bali melalui pinggiran terutama di Karangasem, dengan menyasar Banjar Muntigunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu. Sebab selama ini warga dari Banjar Muntigunung dikenal memiliki gepeng, tujuannya agar mampu memutuskan generasi gepeng dari daerah pegunungan itu.

Hadir di acara itu, Bupati Karangasem I Gede Dana, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, Dandim Letkol Inf Sutikno, Kajari Karangasem Suwiryo, Sekda I Ketut Sedana Merta, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Karangasem.

Bupati I Gede Dana mengapresiasi bantuan disalurkan Bupati Giri Prasta untuk masyarakat Karangasem apalagi bantuannya untuk perbaikan Pura Dadia, Pura Pamaksan, Pura Merajan, Pura Kahyangan Tiga, bale banjar adat dan bale desa adat.

Kelian Pura Dadia Pasek Gelgel Akah di Banjar Beloncing Kelod, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen I Wayan Subadra mengaku dapat bantuan Rp 250 juta, untuk membangun candi bentar.

Sedangkan Kelian Pura Dadia Pasek Dangka Penida, Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang Jro Mangku Suci, mengaku dapat bantuan Rp 750 juta untuk perbaikan sejumlah palinggih.
Kelian Banjar Adat Abiantiying, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, I Wayan Sadia mendapatkan bantuan Rp 1,9 miliar, untuk rehab bale banjar.

Sedangkan perbaikan Pura Bukit Kelab, di Banjar/Desa Duda, Kecamatan Selat, dapat bantuan Rp 450 juta.7k16

Komentar