nusabali

Mayweather Hentikan McGregor di Ronde 10

  • www.nusabali.com-mayweather-hentikan-mcgregor-di-ronde-10

Langsung Umumkan Pensiun dari Tinju

LAS VEGAS, NusaBali

Petinju Floyd Mayweather Jr pertajam rekor tak terkalahkannya setelah kembali mengalahkan petarung Mixed Martial Arts (MMA), Conor McGregor, dalam duel spektakuler di T-Mobile Arena Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (27/8) Wita. Petinju Amerika Serikat ini berhasil menghentikan Conor McGregor (asal Irlandia) dengan kemenangan TKO di ronde ke-10.

Duel antara Floyd Mayweather vs McGregor kemarin menggunakan peraturan tinju, bukan MMA---sebagaimana selama ini dilakoni McGregor. Itu sebabnya, sejak awal Mayweather yang pemegang sabuk juara dunia kelas welter WBC dan WBA lebih diunggulkan ketimbang McGregor.

Dalam duel petarung beda aliran kemarin, McGregor memulai ronde pertama de-ngan agresif. McGregor langsung melancarkan pukulan-pukulan keras ke arah Mayweather. Kemudian, McGregor mulai mengukur jarak dengan Mayweather, menggunakan tangan kanan. Dia sempat mendapat beberapa peringatan wasit akibat tindakan naluriahnya sebagai petarung MMA.

Memasuki ronde ke-4, pergerakan McGregor terlihat sedikit melambat. Saat itulah Mayweather berhasil menyarangkan serentetan pukulan ke tubuh McGregor. Di ronde ke-5, wasit beberapa kali harus memisahkan kedua petarung. Mayweather sukses melancarkan sejumlah pukulan ke arah McGregor di ronde ke-7, ketika lawannya masih bertinju ala MMA.

Pada ronde ke-9, McGregor yang sedang mendapat peringatan wasit, justru sem-pat-sempatnya melancarkan pukulan ke arah wajah Mayweather. Dan, Maywea-ther pun langsung membalasnya. Memasuki ronde ke-10, McGregor mulai keteteran karena dihujani serentetan pukulan Mayweather. McGregor yang sempoyongan terdesak ke pinggir, hingga akhirnya wasit hentikan pertandingan. Mayweather pun menang TKO.

Kendati menang TKO, Mayweather tetap memuju McGregor sebagai petarung yang tangguh. "Dia jauh lebih baik daripada yang saya perkirakan sebelumnya. Dia menggunakan sudut-sudut berbeda, tapi saya lebih baik,” ujar Mayweather dikutip detikcom kemarin. “Sudah jadi rencana kami untuk memanfaatkan waktu dan menjatuhkannya kemudian," lanjut petinju legendaris kelahiran Michigan, AS, 24 Februari 1977 ini.

Dengan kemenangan tersebut, petunju gaek Amerika Serikat berusia 40 tahun ini mempertajam rekor tak terkalahkannya menjadi 50-50 (26 KO/TKO)-0-0 alias tampil 50 kali, seluruhnyan menang di mana 26 kali di antaranya dengan KO/TKO. Mayweather terakhir kali naik ring sebelumnya pada 12 September 2015, ketika menng angka atas Andre Berto dalam tarung mempertahankan sabuk juara dunia kelaw selter WBA dan WBC.

Uniknya, usai menghentikan perlawanan McGregor, Mayweather langsung mengumumkan pengunduran dirinya dari ring tinju. "Itu (melawan McGregor) adalah pertarungan terakhir saya. Malam ini (kemarin) saya sudah memilih rekan dansa yang tepat. Conor, kamu adalah rekan dansa yang hebat malam ini," tandas Mayweather dilansir dtikcom kemarin.

Ini untuk ketiga kalinya Mayweather mengumumkan pensiun dari ring rinju. Se-belumnya, Mayweather sempat dua kali mengumumkan pensiun. Pertama, setelah mengalahkan Ricky Hatton, 8 Desember 2007 silam. Kedua, seusai menundukkan Andre Berto di pertandingan terakhirnya, 12 September 2015.

"Rocky Marciano adalah seorang legenda dan saya pun menantikan bisa masuk jajaran para legenda suatu hari nanti. Ini merupakan pertarungan terakhir saya," kata Mayweather seusai hentikan McGregor, Minggu kemarin. *

Komentar