nusabali

Pekerja Shift Malam Rentan Diabetes dan Obesitas

  • www.nusabali.com-pekerja-shift-malam-rentan-diabetes-dan-obesitas

PEKERJA shift malam rentan terkena penyakit diabetes dan obesitas. Fakta ini ditemukan dalam studi terbaru dari Washington State University and Pasific Northwest Nation Laboratory.

Sebagaimana dilansir antaranews, Senin (13/5/2024), dari Medical Daily, alasan risiko tersebut meningkat pada pekerja yang bekerja pada waktu malam hari yaitu ritme protein dalam tubuh yang terganggu, terlebih apabila shift malam dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

Lewat penelitian tersebut, para peneliti studi mengeksplorasi bagaimana pekerja shift malam lebih rentan terhadap gangguan metabolisme, termasuk diabetes dan obesitas.

Menurut hasil yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, bekerja pada jadwal shift malam terbukti hanya beberapa hari pada jadwal shift malam mengganggu ritme protein yang berkaitan dengan regulasi glukosa darah, metabolisme energi, dan peradangan, proses yang dapat mempengaruhi perkembangan kondisi metabolisme kronis.

Peneliti kemudian merekrut sukarelawan yang menjalani simulasi jadwal shift malam atau siang selama tiga hari. Para peserta kemudian tetap terjaga selama 24 jam setelah giliran kerja terakhir mereka, di bawah pencahayaan, suhu, postur, dan asupan makanan yang konstan.

“Ini untuk mengukur ritme biologis internal mereka tanpa pengaruh luar,” katanya. Sementara para peserta tetap terjaga, sampel darah diambil untuk mengidentifikasi protein dalam sel sistem kekebalan berbasis darah.

Beberapa protein ini terkait erat dengan jam biologis utama. Mengingat jam utama yang menjaga tubuh pada ritme 24 jam tahan terhadap perubahan jadwal shift, maka tidak banyak perubahan pada protein ini.

Namun, pada sebagian besar jenis protein lain, seperti yang terlibat dalam regulasi glukosa, terdapat perubahan ritme yang substansial di antara peserta shift malam dibandingkan dengan peserta shift siang.

Di samping itu, mereka turut mencatat terdapat pembalikan ritme glukosa yang hampir sempurna pada peserta shift malam. Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses produksi dan sensitivitas insulin.

Proses-proses ini biasanya harus bekerja sama untuk menjaga kadar glukosa dalam kisaran yang sehat. Hal ini disebabkan oleh regulasi insulin yang mencoba membatalkan perubahan glukosa yang dipicu oleh jadwal shift malam, yang mungkin merupakan respons yang sehat saat ini, namun menimbulkan masalah dalam jangka panjang. 

Penulis studi senior dari WSU Elson S Floyd College of Medicine Hans Van Dongen, menambahkan terdapat proses yang terkait dengan jam biologis utama di otak yang mengatakan siang adalah siang dan malam adalah malam dan proses lain yang mengikuti ritme yang diatur di tempat lain di tubuh yang mengatakan malam adalah siang dan siang adalah malam.

Temuan ini menunjukkan intervensi dini mungkin dilakukan untuk mencegah diabetes dan obesitas, yang juga dapat diterapkan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke pada pekerja shift malam. “Ketika ritme internal tidak teratur, maka akan mengalami stres berkepanjangan dalam sistem tubuh yang konsekuensinya adalah kesehatan jangka panjang," kata Dongen. 7

Komentar