nusabali

KONI Jepara Gali Ilmu ke Badung

Jadi Jawara 9 Kali Berturut di Porprov

  • www.nusabali.com-koni-jepara-gali-ilmu-ke-badung

MANGUPURA, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung menjadi juara umum berturut-turut selama 9 kali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali. Atas raihan itulah, KONI Jepara, Jawa Tengah rela datang untuk mencari tahu kiat dan langkah yang diambil untuk mempertahankan capaian tersebut.

Dalam kunjungan itu, KONI Jepara datang bersama 30 rombongannya ke KONI Badung pada Senin (11/12). Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum H Syamsul Anwar dan diterima Ketua Umum KONI Badung Made Nariana didampingi Sekum Made Sutama dan KTU AA Rawat Dwaja. Dalam pertemuan tersebut, KONI Jepara menanyakan berbagai persoalan seperti pembagian peran SKPD terkait KONI dalam pembinaan olahraga prestasi, penghargaan terhadap atlet/ pelatih, pola pembinaan terhadap cabor, dan peningkatan kualitas terhadap cabor.

Bahkan, Syamsul Anwar yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PSSI Jepara itu menginginkan KONI Jepara untuk belajar banyak dari KONI Badung, karena sampai 9 kali berturut-turut menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali. "Untuk KONI Jepara sendiri pada saat ini menaungi 44 cabor, pada pelaksanaan Porprov Jawa Tengah 2023, Jepara berhasil naik signifikan dan menempati posisi 5 besar, dari sebelumnya hanya di posisi ke 10," ungkapnya seraya mengaku ingin belajar lebih banyak dari KONI Badung yang sudah meraih dan mempertahankan juara umum 9 kali.

Di lokasi yang sama, Ketua KONI Badung, Made Nariana mengaku kalau juara umum itu berkaitan erat dengan pembinaan atlet. Yang mana, untuk pembinaan sampai saat ini menjadi tanggung jawab KONI. Sedangkan dalam pembinaan atlet, sepenuhnya diserahkan kepada Pengurus Cabor, selanjutnya KONI hanya melakukan monitoring dan evaluasi ke masing-masing cabor. "Kami sebagai pengurus KONI melakukan monev pelatihan atlet dan monev penggunaan keuangan yang diperoleh pengurus cabor," kata Nariana.

Dia menekan banyak melakukan komunikasi sosial kepada atlet ternyata memberikan manfaat besar, karena mereka merasa mendapat perhatian dari pimpinannya. Dalam hal penghargaan, para atlet dan pelatih diberikan bonus prestasi, kemudahan akses sekolah, serta rekomendasi kepada atlet untuk mencari pekerjaan. "Untuk meningkatkan kualitas pelaku olahraga, KONI Badung secara reguler menyelenggarakan diklat-diklat, dan bimbingan teknis administrasi keolahragaan baik untuk staf/pelatih dan pengurus Cabor," jelas Nariana.7dar

Komentar