nusabali

KBST Jadi Program Tahunan Kabaddi

  • www.nusabali.com-kbst-jadi-program-tahunan-kabaddi

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Kabupaten Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Badung mendorong program KONI Badung Sport Tourism (KBST) masuk dalam program tahunan FOKSI Bali. Program itu dinilai menjadi barometer dan akan dijadikan program skala internasional di Pulau Dewata. Usulan ini pun mendapat lampu hijau dan akan digodok masuk program tahunan.

Ketua Kabaddi Badung, I Kadek Sudharma Hariawan menjelaskan, dalam Rakerprov di Kantor KONI Bali, Sabtu (6/4), pihaknya diberi kesempatan memaparkan sejumlah program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun ini. Selain itu, Kabaddi Badung juga membahas agenda KONI Badung Sport Tourism yang diselenggarakan pada Juni mendatang. 

"FOKSI Badung diberi kehormatan paparkan kegiatan KONI Badung Sport Tourism 2024. Usai pemaparan, kami juga mengusulkan program itu masuk dalam agenda dari FOKSI Bali," Sudharma Hariawan, Minggu (7/4).

Menurut Hariawan, KBST 2024 itu berpotensi terus berkembang karena melibatkan sejumlah negara dalam pelaksanaannya. Maka dari itu, program rintisan KONI Badung itu bisa dijadikan even tahunan berskala internasional. Dengan dimasukkannya program itu ke progam tahunan FOKSI Bali, tentu akan membawa nama Bali dan juga Indonesia.

"Intinya bahwa KBST ini tidak saja untuk Badung, tapi juga membawa nama Bali dan Indonesia pada umumnya. Sehingga kalau itu masuk program tahunan Pengprov, tentu kegiatannya itu bisa nama Indonesia Open International Kabaddi Championship," urai Hariawan lagi.

Dengan adanya usulan itu, Hariawan juga meminta dukungan dan sinergi dari seluruh Pengkab dan Pengkot untuk tercapainya hal itu. Masih menurut dia, dalam rapat itu, FOKSI Bali dan juga seluruh Pengkab/Kota itu sudah memberi lampu hijau untuk dijadikan agenda tahunan ke depannya. 

"Kita mengusulkan dan beberapa Pengkab/Kota juga sudah ada lampu hijau, begitu juga dengan FOKSI Bali," sebutnya seraya mengaku untuk kepastiannya konfirmasi ke FOKSI Bali.

Sementara Ketua Umum FOKSI Bali, Made Sukawan Adika menjelaskan, untuk program Kabupaten Badung yakni KBST itu sudah dilaksanakan ke dua kalinya dan dihadiri tim dari negara lain seperti Malaysia, Thailand, Singapore, Timor Leste dan negara lainnya. Dengan datangnya berbagai negara itu, tentu sangat memberikan dampak dari olahraga Kabaddi itu sendiri. Maka dari itu, Pengprov FOKSI Bali pun sudah menyetujui untuk memasukkan program itu ke dalam program tahunan. 

"Kita memang memasukkan program itu ke program tahunan kita. Apalagi, PP Kabaddi itu berada di Bali dan itu bisa memberikan manfaat kemajuan olahraga itu sendiri ke depannya," kata Sukawan Adika. dar

Komentar