nusabali

Bahas Sejumlah Agenda, FOKSI Bali Gelar Rakerprov

  • www.nusabali.com-bahas-sejumlah-agenda-foksi-bali-gelar-rakerprov

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Bali menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rekerprov) di Kantor KONI Bali pada Sabtu (6/4) sore. Dalam kegiatan itu, sejumlah agenda dibahas, mulai dari pelatihan pelatih hingga raihan medali saat PON XXI/2024.

Ketua Umum FOKSI Bali, Made Sukawan Adika menerangkan Rakerprov ini bagian dari upaya evaluasi berbagai agenda kegiatan tahun sebelumnya dan juga rancangan kedepannya, termasuk saat PON Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang. Kegiatan ini juga bagian dari upaya mensinergikan seluruh Kabaddi Kabupaten/Kota di Bali.
 
"Memang selama kepengurusan saya, ini baru pertama Rakerprov. Semoga nantinya kita dapat bersinergi kabupaten/kota dalam memajukkan Kabaddi," kata Sukawan Adika, saat ditemui di sela-sela Rakerprov pada Sabtu (6/4)

Menurut Sukawan, Bali sebagai daerah yang menjadi pertama munculnya Kabaddi tentu sangat berharap olahraga ini berkembang pesat kedepannya, bahkan seluruh Indonesia. Maka dari itu, perlu adanya sinergitas masing-masing kabupaten/kota untuk selalu eksis dengan menggelar berbagai kegiatan kedepannya. 

"Bali memang sentralnya olahraga Kabaddi ini. Jadi, kita semua harus mempertahankan dan membawa marwa Kabaddi tetap eksis di Bali," tegas Sukawan lagi.

Guna menunjang eksistensi itu, Sukawan juga terus berbenah, termasuk dalam hal diklat para pelatih dan wasit. Ke depannya, agenda ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan masa depan olahraga itu sendiri. Menurut dia, ada tiga kategori/grade pelatih yang ada saat ini, yakni rade Madya, Pratama dan Utama. Untuk madya, itu berada di tingkat kabupaten, kemudian Pratama di tingkat provinsi serta utama di tingkat internasional. 

"Bali sudah memiliki grade utama, dan sudah pernah dikirim ke luar negeri untuk memimpin pertandingan. Kedepannya akan terus kita upayakan agar semua wasit dari berbagai grade ini terverifikasi," urainya lagi 

Sementara untuk PON sendiri, kontingen Bali yang terdiri dari 33 atlet termasuk long list dengan masing-masing kategori pria dan wanita memiliki target meraih medali emas. Dalam arahan itu, Sukawan mengaku kontingen Bali harus bisa meraih 2 medali emas pada ajang bergengsi 4 tahunan itu. 

"Target emas itu ada 2. Jadi harapannya atlet bisa memberikan yang terbaik untuk Bali pada PON mendatang," pungkas Sukawan Adika.dar

Komentar