nusabali

Wali Kota Cup Kota Denpasar 2024

Jadi Ajang Penyaringan Atlet Tarung Derajat untuk Porprov 2025

  • www.nusabali.com-wali-kota-cup-kota-denpasar-2024

DENPASAR, NusaBali - Wali Kota Cup Kota Denpasar 2024 cabor tarung derajat akan digelar 3 hingga 5 Mei mendatang di Wantilan Desa Adat Panjer, Denpasar Selatan. Laga ini diharapkan dapat menyaring atlet terbaik dari Denpasar untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2025.

Ketua Umum Tarung Derajat Kota Denpasar Nyoman Darsa, menegaskan komitmennya untuk menghadirkan yang terbaik dari atlet Tarung Derajat Kota Denpasar. "Kami berharap hasil dari Wali Kota Cup ini akan menghasilkan juara-juara yang akan mempersiapkan diri untuk Porprov 2025. Kami telah melihat potensi dari atlet-atlet kami, dan kami berharap mereka dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam ajang ini," ujar Nyoman Darsa dikonfirmasi, Selasa (16/4).

Lebih lanjut, Dia menjelaskan bahwa perhelatan ini akan menjadi panggung bagi 14 kelas tarung untuk seluruh Satuan Latihan (Satlat) yang ada di kota Denpasar. Yaitu 9 kelas putra di 49-52 kg, 52-55 kg, 55-58 kg, 58-61 kg, 61-64 kg, 64-67 kg, 67-70 kg, 70-75 kg, 75-80 dan 5 kelas putri 45-50 kg, 50-54 kg, 54-58 kg, 58-62 kg, 62-66 kg. Dan untuk nama-nama atlet masih proses pendataan.

“Dari pantauan untuk persiapan dari seluruh satlat di kota Denpasar, yang jelas sekarang sudah latihan terus ini untuk atlet-atletnya, mempersiapkan atletnya. Setiap satlat kalau bisa kami harapkan bisa mempersiapkan 14 petarung untuk mengisi setiap nomor, kami mencari sebanyak-banyaknya untuk kita disaring nanti dalam walikota cup ini,” ungkapnya.

Dari hasil pertandingan nanti, Nyoman Darsa mengungkapkan seluruh petarung yang menang nanti bisa mempersiapkan diri untuk ajang lanjutan dan memberikan yang terbaik di Porprov 2025 karena ini Denpasar masih berada dalam bayang-bayang Badung dan juga Gianyar. 

"Kita sudah sering kehilangan juara umumnya, jarang kita dapatkan karena didominasi oleh badung dan gianyar. Terus terang saja atlet-atlet diluar Denpasar itu bagus semua, makanya kami berharap nanti teman-teman atlet yang akan bertanding nanti itu benar-benar memantapkan diri, tidak cepat berpuas dengan hasil dan persiapan lebih matang agar kedepannya bisa menguasai panggung selanjutnya di 2025,” pungkasnya.

“Selain daripada itu, kami juga mencari atlet-atlet potensial untuk pembandingan setelah kami nanti lakukan pemusatan latihan (TC) desentralisasi untuk persiapan. Sekarang itu kami masih siapkan data-datanya, jadi nanti setelah walikota cup selesai nanti pergerakannya kita akan langsung adakan program latihan untuk satu minggu tiga kali atau empat kali,” tegasnya.

Sementara itu, harapan Nyoman Darsa tidak hanya terfokus pada pencapaian prestasi, tetapi juga pada peningkatan dukungan finansial untuk cabang olahraga Tarung Derajat di Denpasar khususnya. "kami berharap dana pembinaannya dari KONI itu bisa diperbesar sedikit karena terus terang saja ada perbedaan antara olahraga beladiri dengan yang lain itu jauh sekali berbeda, kami memerlukan dana yang cukup besar untuk mengadakan perhelatan seperti ini. Istilahnya kalau kita bisa berikan yang terbaik untuk kota Denpasar alangkah baiknya kalau memang dana-dana pembinaan harus ditambah sedikit " ucapnya. cr79

Komentar