nusabali

Debut Manis Nagelsmann Bawa Jerman Pecundangi AS

  • www.nusabali.com-debut-manis-nagelsmann-bawa-jerman-pecundangi-as

CONNECTICUT, NusaBali - Julian Nagelsmann menandai laga debutnya sebagai pelatih Timnas Jerman dengan manis.

Ya, pelatih 36 tahun itu membawa Der Panzer menang 3-1 atas Amerika Serikat (AS), dalam FIFA Matchday di Pratt & Whitney Stadium, di East Hartford, Connecticut, Minggu (15/10) pagi Wita.

Sempat kesulitan pada awal laga dan tertinggal dari gol Christian Pulisic. pada menit ke-9. Beruntung gol itu dianulir karena offside. Jerman kemudian tertinggal pada menit ke-27 juga oleh Pulisic. Namun Der Panzer mampu comeback, lewat go Ilkay Gundogan, Niclas Fullkrug, dan Jamal Musiala.

Jerman menang dalam dua laga terakhirnya, setelah Hansi Flick dipecat dari posisi pelatih. Sebelumnya Jerman menang 2-1 atas Prancis pada 13 September lalu, saat ditangani Rudi Voeller sebagai pelatih sementara. Nagelsmann yang jadi penggantinya menang 3-1.

Setelah tertinggal gol Pulisic, Jerman bermain cukup rapi. Walau kualitas penyelesaian akhir masih perlu diperbaiki, setidaknya Jerman cukup percaya diri memegang bola dan membangun serangan. Mereka juga tahu cara membongkar tim yang bertahan amat dalam.

Keputusan Nagelsmann memainkan beberapa wajah baru juga membuat aura Jerman berubah. Pascal Gross, Florian Wirtz, Niklas Fullkrug, dan Jonathan Tah tampil cukup bagus. Secara khusus, Fullkrug memberi bukti bahwa Jerman punya penyerang tengah.

Nagelsmann pun memberi harapan baru bagi Jerman jelang Euro 2024, setelah masa sulit bersama Hansi Flick. Pada era Hansi Flick, Jerman jarang memakai penyerang tengah murni. Flick lebih sering memainkan Kai Havertz sebagai penyerang. Padahal, skema itu sering tak bekerja dengan baik.

Saat Havertz tidak optimal, Flick terkadang memilih Thomas Muller untuk mengisi lini serang. Padahal, mereka berdua bukan penyerang tengah murni atau pemain 'nomor 9'.

Nagelsmann mengubah komposisi itu, dengan penyerang tengah murni, Niclas Fullkrug (30 tahun). Dia punya catatan bagus bersama Jerman, meski kurang mendapat kepercayaan dari Flick.

Nagelsmann memberi kesegaran dalam starting XI Jerman. Selain memakai penyerang tengah murni, Nagelsmann juga membuat perubahan pada beberapa lini lainnya. *

Komentar