nusabali

Bali Fokus Amankan Emas Rugby X

  • www.nusabali.com-bali-fokus-amankan-emas-rugby-x

Kita fokus di nomor rugby x, makanya semua pemain diplot tampil di rugby x baik putra dan putri.  Hal itu menjadi bagian strategi pelatih melihat peluang meraih emas di PON XXI/2024.

GIANYAR, NusaBali 
Pengprov Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali fokus mengamankan dua medali emas nomor Rugby X dalam ajang PON XXI/2024 di Aceh nanti. Pasalnya, peluang lebih terbuka meraih medali emas di nomor tersebut. Meski peluangnya lebih terbuka, tim rugby Bali diprediksi akan mendapatkan lawan berat dari tuan rumah Aceh yang lolos PON dapat wild card karena status tuan rumah. 

Menurut Ketum Pengprov PRUI Bali, Made Erawan pada Senin (14/8), dalam kualifikasi PON 2024 yang berakhir pada Sabtu (5/8) di Tangerang, Banten, tim rugby Bali berhasil mengawinkan medali emas nomor rugby X putra-putri. Dengan hasil dua emas itu, PRUI Bali meloloskan atlet ke PON XXI/2024 di Aceh. 

"Kita fokus di nomor rugby x, makanya semua pemain diplot tampil di rugby x baik putra dan putri," kata Erawan, yang juga pengurus KONI Gianyar. 

Erawan mengakui, hal itu menjadi bagian strategi pelatih melihat peluang meraih emas di PON 2024 nanti. Jadi, tidak hanya sekedar berharap lolos PON, melainkan orientasi jauh ke depan untuk mewujudkan medali emas PON 2024. Erawan mengatakan nomor rugby seven diakui peluang lebih berat, karena berkaca hasil kualifikasi PON yang lolos untuk rugby seven putra, yakni medali emas Jawa Barat, medali perak DKI Jakarta, medali perunggu Papua Tengah, dan posisi selanjutnya empat besar ditempati Papua. 
 
Sedangkan untuk sektor Rubby seven putri peringkat pertama medali emas diraih tim rugby DKI Jakarta, medali perak Papua, medali perunggu Jawa Barat, dan posisi selanjutnya yang juga lolos yakni tim rugby Jawa Tengah. 

Sementara itu untuk nomor Rugby X di sektor putra secara berturut - turut ditempati Bali, Banten, Kaltim, dan Jogjakarta. Sedangkan untuk sektor Rugby Putri kembali milik Bali, kemudian Jogjakarta, Banten, dan, Jatim. 

"Di PON nanti tinggal ditambah tuan rumah, tim Rugby Aceh dan tim Rugby Sumatera Utara. Mereka dua daerah itu bisa main di Rugby Seven dan Rugby X," kata Erawan, yang juga guru olahraga itu. 

Erawan menambahkan dengan situasi seperti itu kita Bali akan mendapat lawan kuat dari Aceh. Kata dia, terlepas saat ini pihaknya masih sangat optimis mampu mengamankan medali emas, perkembangan tim rugby Aceh belum kita ketahui secara pasti, karena mereka lolos PON tanpa lewat babak kualifikasi. 

"Tuan rumah Aceh pasti main ngotot meraih medali, ini yang patut kita waspadai. Sementara tim lainnya di Rugby X sudah sempat ketemu dengan Bali, jadi sudah ada bayangan kekuatan mereka," kata Erawan, yang juga Ketua Pengkab PCI Gianyar. 

Saat ini PRUI Bali memiliki tim definitif yang terdiri dari 24 atlet, dengan 12 putra dan 12 putri dalam kualifikasi PON. Sebelumnya atlet Bali mengikuti empat nomor, namun di PON 2024 nanti hanya turun pada nomor Rugby X putra dan putri. 

"Di Rugby Seven kita tidak lolos, jadi bisa fokus atur strategi di Rugby X saja, karena tiket lolos PON berdasarkan keberhasilan nomor yang kita ikuti dengan hasil kawinkan emas di Rugby X," kata Made Erawan. dek

Komentar