nusabali

KONI Tabanan Gali Dana Mandiri

  • www.nusabali.com-koni-tabanan-gali-dana-mandiri

TABANAN, NusaBali - KONI Tabanan mulai bergerak melakukan penggalian dana secara mandiri untuk mendukung atlet daerahnya berlaga di ajang PON XXI/2024. Penjajakan kerjasama dengan sejumlah cabor pun mulai dilakukan untuk merealisasikan penggalian dana tersebut.

Langkah tersebut juga sesuai Anggaran Dasar (AD) KONI 2021 Bab VII pasal 38, bahwa  KONI Tabanan boleh menggalang dana mandiri dari sumber-sumber yang sah.

Menurut Ketua umum KONI Tabanan, Made Nurbawa pada Senin (11/9), cara yang dilakukan dalam penggalian dana itu yakni dengan melaksanakan kegiatan sport industri,  kerjasama usaha dengan cabor, seperti sponsorship, penjualan tiket dan sebagainya. Upaya lain juga melalui mendirikan usaha kreatif dan amal, menjual produk, menggelar bazar, dan kegiatan lain yang merupakan penggalian dana lewat sumber yang sah. 

"Sejumlah cabor sudah ajak kita kerjasama, komunikasi kedepannya akan lebih intens lagi merealisasikan penggalian dana mandiri tersebut," kata Made Nurbawa. 

Menurut Made Nurbawa, penggalian dana dapat lewat kejuaraan cabang olahraga melalui pemungutan atau pembayar tiket masuk. Dia pun berharap, hal itu dapat dilaksanakan secara efektif, karena saat ini pembangunan infrastruktur olahraga juga mulai dibangun untuk menunjang kegiatan tersebut. 

Karena itulah, kata Made Nurbawa, pihaknya akan memanfaatkan seluruh potensi yang ada dengan sebaik mungkin. Sebab dana yang terkumpul akan dipakai untuk mensuport persiapan atlet Tabanan berlaga di ajang PON 2024. 

"Saya akui ini tidak mudah, tapi harus kita mulai. Terlepas nanti banyak tantangan, kita harus memulai sejak sekarang ini mendapatkan dana secara swadaya mandiri," tegas Made Nurbawa. 

Menurut Nurbawa, usaha lain bisa saja lewat jasa, lalu penjualan produk olahraga, meskipun tidak besar tetapi diharapkan bisa berkelanjutan ke depannya. Dengan usaha seperti itu, ada harapan terbiasa melakukan langkah mandiri untuk menopang kebutuhan atlet yang selama ini belum tercover anggaran resmi dari pemerintah. dek

Komentar