nusabali

Peserta AFC U-17 Women's Asian Cup 2024 Tiba di Bali

  • www.nusabali.com-peserta-afc-u-17-womens-asian-cup-2024-tiba-di-bali
  • www.nusabali.com-peserta-afc-u-17-womens-asian-cup-2024-tiba-di-bali

DENPASAR, NusaBali - Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Kadisdikpora) Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa bersama Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, menyambut kedatangan skuad Tim Nasional Wanita U-17 China dan Korea Selatan di pintu kedatangan Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai pada, Rabu (1/5) dini hari, lewat prosesi pengalungan bunga.

Kedatangan dua tim tersebut guna mengikuti ajang bergengsi sepak bola wanita Asia, AFC U-17 Women's Asian Cup 2024 yang digelar di Bali, 6-19 Mei 2024. 

Skuad Timnas Wanita China yang berkekuatan 23 pemain dan 11 orang tim ofisial dan pelatih kepala Chan Yuen Ting, mendarat pada pukul 23.50 Wita. Sedangkan Tim Korea Selatan mendarat pukul 00.30 Wita dipimpin pelatih kepala Kim Eun-jung dengan tim sejumlah 22 pemain dan 12 orang tim ofisial. Sebelumnya peserta AFC U-17 Women's Asian Cup 2024 lainnya, yakni Timnas Australia dan Filipina telah tiba terlebih dahulu di Bali pada Senin (29/4). Sementara Timnas Jepang, Korea Utara, dan Thailand yang juga menjadi peserta dijadwalkan tiba pada 2 dan 4 Mei 2024 mendatang. 

Ngurah Boy Jayawibawa di sela penyambutan tersebut mengungkapkan Pemprov Bali mendukung penuh penyelenggaraan ajang yang juga menjadi kualifikasi menuju Piala Dunia Wanita U-17 yang akan digelar Oktober 2024 mendatang ini. "Arahan bapak Pj Gubernur Bali, kita mendukung penuh segala aspek yang dibutuhkan. Terlebih ajang ini akan memberikan citra positif bagi Bali juga mendukung kedatangan wisatawan ke Bali sebagai ajang internasional, " ungkapnya. 

Ngurah Boy menjelaskan, total sebanyak delapan tim mengikuti AFC U-17 Women’s Asian Cup 2024 yang dibagi menjadi dua grup. Indonesia sebagai tuan rumah, menempati Grup A bersama Korea Selatan, Korea Utara dan Filipina. Sementara itu, Grup B dihuni oleh juara bertahan Jepang bersama China, Australia dan Thailand. 

Timnas Korea Selatan -IST

Rangkaian pertandingan akan diselenggarakan di dua venue, yakni Bali United Training Center dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Pada laga perdana penyisihan grup, Timnas Sepak Bola U-17 Putri Indonesia menantang Filipina pada 6 Mei 2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Pada hari yang sama juga akan ada pertandingan tim Korea Selatan vs Korea Utara di Bali United Training Center. 

Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya saat menerima audiensi pengurus PSSI, Selasa (30/4) menyampaikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan kejuaraan sepak bola wanita kawasan Asia ini. Menurutnya, ini merupakan event luar biasa yang akan membawa dampak positif bagi Bali. Selain membawa dampak positif bagi kemajuan dunia olahraga, khususnya cabang sepak bola wanita, ia berharap hajatan ini berimbas pada sektor pariwisata Bali. 

“Tim dari negara-negara yang ikut dalam kompetisi kita harapkan mendapat kesan yang baik selama di Bali dan cerita indah itu akan mereka kabarkan ketika kembali ke negara masing-masing,” ujarnya. 

Ia berharap, suasana Bali memberi vibrasi positif sehingga kegiatan ini labda karya (terlaksana dengan baik tanpa halangan, Red). Sebagai bentuk dukungan, Pj Gubernur mempersilakan pihak panitia memanfaatkan fasilitas milik Pemprov Bali yang dibutuhkan untuk menyukseskan AFC Women Asian Cup U-17. Selain itu, ia menginstruksikan Kadisdikpora Bali agar mengerahkan pelajar untuk menonton pertandingan sepak bola wanita ini. “Masyarakat juga harus tahu bahwa di Bali akan ada event bergengsi ini,” cetusnya.

Tournament Director PSSI Ronny J Suhatril menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan Pj Gubernur Bali beserta jajaran. Ronny mengungkapkan, pihak panitia tidak memungut biaya dari penonton yang ingin  menyaksikan pertandingan. Namun demikian, pihaknya tetap menerapkan prosedur pendataan penonton sebagaimana yang berlaku pada pertandingan resmi. Ronny menyampaikan bahwa kompetisi ini menjadi bagian penting dari upaya meningkatkan animo dan ketertarikan wanita pada olahraga sepak bola. 7 a 

Komentar