nusabali

Bali Panggil 24 Pebasket Proyeksi PON 2024

  • www.nusabali.com-bali-panggil-24-pebasket-proyeksi-pon-2024

DENPASAR, NusaBali - Tim Pelatih Bola Basket Bali kembali memanggil 24 pemain proyeksi PON XXI/2024 di Aceh - Sumatera Utara.

Pemanggilan ini guna memberikan kesempatan bagi atlet yang belum sempat tampil pada kualifikasi PON lewat Kejurnas Bola Basket U-23 di GOR Merpati Denpasar.

Pelatih I Gusti Ngurah Rusta Wijaya mengatakan pemanggilan lagi yang masuk long list 24 pemain itu sesuai daftar pemain yang dipanggil saat tim bayangan babak kualifikasi PON beberapa waktu yang lalu. Soal kecemburuan 12 pemain yang telah berjuang pada babak kualifikasi PON, Rusta Wijaya mengaku tetap mengedepankan profesional saja.

“Tidak mungkin tetap mempertahankan 12 atlet yang tampil pada babak kualifikasi PON jika penampilannya mengalami penurunan pada satu tahun ke depan,” ujar Rusta Wijaya yang juga asisten pelatih Bali United Basketball ini.

Rusta Wijaya mengakui secara statistik memang ada pemain yang kualitasnya jauh lebih baik, tetapi tidak sempat main di babak kualifikasi PON. Kenapa demikian karena ada pemainnya masih penyembuhan lutut, kuliah di luar negeri, tidak dapat izin dari kampusnya, bahkan ada atletnya tertahan di Jawa. Dengan kondisi seperti itu 12 pemain yang tampil pada babak kualifikasi PON, tidak semuanya pemain terbaik yang dimiliki Bali saat ini.

"Makanya kesempatan kita buka kembali, dengan harapan atlet terbaik yang akan mewakili Bali pada PON 2024 nanti lewat sistem promosi dan degradasi," kata Rusta Wijaya.

Sehingga atlet yang sempat membela Bali mengantarkan meraih tiket PON, belum ada jaminan akan dikirim pada saat PON 2024 nanti. Semua itu tergantung perkembangan yang ada, terkait siapa atlet yang paling siap tampil pada saat PON nanti. "Jumlahnya kan tetap 12 pemain, tapi yang terbaik kita utus mewakili Bali pada saat PON XXI/2024 nanti," tegas Rusta Wijaya.

Cabang Olahraga Bola Basket  PON 2024 kategori putra akan diikuti 10 tim yakni Bali, Jawa Timur, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Aceh, dan Sumut.

Pemanggilan kembali 24 pemain ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi atlet yang belum sempat tampil pada kualifikasi PON untuk menunjukkan kemampuannya. Selain itu, pemanggilan ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan promosi dan degradasi bagi atlet secara keseluruhan.7dek

Daftar Atlet Basket Bali Proyeksi PON 2024:
Revan Surya Winatha, Dewa Rai Prema Satya Buana, Gabriel Siieda Utama, 
Gede Diky Wardana, Hendy Wijaya, I Gusti Ngurah Bagus Kriana Mahaputra,
Julianal Elaxandre Chalias, Oka Ananta Yogiswara, Putu Ivan Krisna Triyasa,
Putu Maitreya Adi Dharma, Raden Nathaniq Sardy, Steven Ignasius Daud Lau Seli, Johanson Ronald Simbolon, IB Pradnya Ananta Wijaya, I Nyoman Aldo Dharma Yudha, I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra, Adrien Maxime Alain Chalias, 
Gede Elgi Wimbardi, Brooklyn Raffael Tristan, Aidan Alfred Midon Desmet, 
Putu Bagus Satya Wirayudha, AA Gde Agung Bagus Parameswara, Made Cody Amos Leeartha, dan Felix Wijayadi Sungkono.

Komentar