nusabali

Made Arianti Ikut Kejuaraan Dunia Para Atletik

  • www.nusabali.com-made-arianti-ikut-kejuaraan-dunia-para-atletik

JAKARTA, NusaBali - Atlet para atletik asal Bali, Ni Made Arianti Putri mengikuti Kejuaraan Dunia Para Atletik yang perlangsung di Paris, Prancis pada 8-17 Juli 2023.

Kejuaraan Dunia Para Atletik merupakan salah satu ajang untuk memperoleh tiket ke Paralimpade Paris 2024 mendatang. Oleh karena itu, Indonesia mengirimkan sejumlah atlet ke sana.

"Total ada sembilan atlet para atletik mengikuti World Championship di Paris, termasuk Arianti. Mereka didampingi tiga pelatih. Kami sampai di sini tanggal 8 Juli lalu," ujar salah satu pelatih para atletik, Purwo Adi Sanyoto kepada NusaBali, Sabtu (15/7).

Di Kejuaraan Dunia Para Atletik, Made Arianti turun di 100 meter T12 dan universal relay (estafet campuran). Dari dua nomor tersebut, Made Arianti baru menjalani pertandingan di babak penyisihan 100 meter T12. Hasilnya, Made Arianti masuk semifinal.

Menurut Purwo Adi, pesaing Made Arianti di 100 meter cukup kuat. Lantaran banyak negara menurunkan atletnya agar bisa lolos ke Paralimpiade Paris 2024 melalui kejuaraan itu. Made Arianti pun, akan berusaha tampil maksimal saat bertanding di semifinal meski peluangnya tipis tembus ke final.

Setidaknya, Made Arianti bisa masuk slot untuk mengikuti kualifikasi Paralimpiade. "Juara 1-4 World Championship ke Paralimpiade. Yang tidak masuk peringkat tersebut, bisa melalui slot high performance standar atau slot untuk kualifikasi Paralimpiade," jelas Purwo Adi.

Menurut Purwo Adi, Kejuaraan Dunia Para Atletik di Paris diikuti 104 negara. Sampai saat ini, Indonesia baru meloloskan satu orang ke Paralimpiade Paris melalui Saptoyogo Purnomo. Di sana, Saptoyogo sukses meraih medali perak 100 meter T37.

Saptoyogo juga sukses mendulang medali perunggu di 200 meter T37. "Sapto lolos ke Paralimpiade, karena penampilannya bagus. Dia berada di peringkat empat besar dengan mendapatkan medali perak di 100 meter dan medali perunggu di 200 meter T37," kata Purwo Adi. 7 k22

Komentar