nusabali

Made Arianti Ikuti Kejuaraan Dunia

  • www.nusabali.com-made-arianti-ikuti-kejuaraan-dunia

JAKARTA, NusaBali - Meski tidak mengikuti Kejuaraan Atletik Grand Prix di Italia pada 20-24 Maret, atlet para-atletik asal Bali, Ni Made Arianti Putri dikirim ke ajang World Para Athetics Championship di Kobe, Jepang, pada 17-25 Mei 2024. Made Arianti pun diharapkan melampaui HPS (High Performance Standard) agar mendapat slot tampil di ajang Paralimpiade 2024 Paris.

"Made Arianti tidak ikut ke Grand Prix di Italia. Di Italia, kami mengirimkan tujuh atlet. Sedangkan Made Arianti akan mengikuti World Para Athetics Championship di Kobe. Dia akan turun full team," ujar pelatih para-atletik Purwo Adi Sanyoto, Sabtu (16/3).

Menurut Purwo Adi, walau tidak mengikuti kejuaraan di Italia, Made Arianti tetap menjalani latihan di Pelatnas di Solo, Jawa Tengah. Begitu pula dengan atlet lainnya yang tidak berangkat. Tercatat ada 11 atlet para-atletik dipersiapkan ke Paralimpiade 2024 Paris.

"Bulan puasa ini, latihan tetap jalan. Kami tidak libur. Semoga, 11 atlet para-atletik mampu mendapatkan slot ke Paralimpiade," ucap Purwo Adi. 

Karena itu, kata Purwo Adi, saat mereka mengikuti kejuaraan harus melampaui HPS. Made Arianti sendiri akan turun di 100 meter T12, dan memiliki catatan waktu 12,62 detik. Peraih medali emas Asian Para Games 2023 Hangzhou itu sudah memenuhi berlaga di Kobe. Saat itu, Made Arianti meraih emas dengan waktu 12,52 detik.

"Itu merupakan catatan waktu terbaik Made Arianti. Dengan catatan waktu itu pula, dia sudah memenuhi HPS. Namun, dia harus tetap ikut kejuaraan agar HPSnya up date di tahun 2024 ini," kata Purwo Adi. Untuk itu, Purwo Adi berharap, Made Arianti ketika berlaga World Para Athetics Championship di Kobe bisa melampaui HPS kembali. 

Memang tidak mudah mencapainya. Sebab, pesaingnya cukup kuat. Antara lain, dari Iran, Italia dan Kuba. Namun, Purwo Adi optimistis Made Arianti mampu melebihi HPS, usai terus menjalani latihan secara intensif.  k22

Komentar