nusabali

Tembus ke Final, Spanyol Siap Berjaya Lagi

  • www.nusabali.com-tembus-ke-final-spanyol-siap-berjaya-lagi

TWENTE, NusaBali - Timnas Spanyol tembus ke final UEFA Nations League, usai mendepak Italia 2-1 di De Grolsch Vesce, Twente, Belanda, Jumat (16/6) dinihari WITA.

Selanjutnya, Spanyol akan menghadapi Kroasia di partai final, sedangkan Italia menjalani perebutan tempat ketiga lawan Belanda.

Spanyol unggul cepat lewat Yeremy Pino, dan Italia menyamakan 1-1 lewat eksekusi penalti Ciro Immobile, sebelum Spanyol memastikan kemenangan berkat gol Joselu di akhir babak kedua. Ini final kedua Spanyol di Nations League setelah pertama pada 2021.

Pelatih Timnas Spanyol Luis de la Fuente senang dengan kelolosan timnya ke UEFA Nations League 2023. Sukses itu membuat Fuenter mampu membungkam kritik. Bagi De La Fuente, hasil ini seperti mengangkat beban di awal periode kepelatihannya.

Sebab, sejak ditunjuk menggantikan Luis Enrique awal tahun ini, De La Fuente belum menunjukkan kinerja memuaskan yang membuatnya dikritik. Hal itu tak lepas kemenangan susah payah 2-0 atas Norwegia dan kekalahan 0-2 dari Skotlandia di Kualifikasi Euro 2024 Maret lalu.

Bagi De La Fuente, kemenangan atas Italia jadi bukti Spanyol sudah mulai membaik setelah terseok-seok di awal. De La Fuente menyebut ini adalah proses untuk membentuk Tim Matador yang lebih tangguh.

"Kami cuma butuh waktu. Saya selalu katakan bahwa ini semua proses dan butuh waktu untuk bisa menyatukan ide-ide yang ada. Butuh waktu di sesi latihan. Kami hanya kurang beruntung saat itu," ujar De La Fuente.

Semenatara pelatih Italia, Roberto Mancini mengakui Spanyol lebih layak ke final UEFA Nations League. Mancini juga menyebut para penggawa Italia tak dapat mengeksekusi strategi yang diusung pelatih.

Mancini tak dapat menutupi kekecewaannya karena gagal membawa Italia meraih gelar usai absen dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Mancini mengakui La Furia Roja menunjukkan permainan yang jauh lebih baik di sepanjang laga. Di juga menyebut Gli Azzurri gagal menjalankan strategi yang sudah diatur.
Kekalahan tersebut membuat Italia berkesempatan bertanding satu kali lagi untuk memperebutkan tempat ketiga melawan Belanda yang dihajar Kroasia 2-4, pada Minggu (18/6) pukul 21.00 WITA.

"Sekarang kami menghadapi Belanda. Kami harus melakukan pendekatan yang tepat dan mencoba melakukan yang terbaik," tutup Mancini. ant

Susunan Pemain
Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Jesus Navas, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Rodri, Mikel Merino (Fabian Ruiz 74'); Rodrigo Moreno (Marco Asensio 46'), Gavi (Sergio Canales 68'), Yeremy Pino (Ansu Fati 74'); Alvaro Morata (Joselu 84')

Italia (3-5-2): Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci (Matteo Darmian 46'), Francesco Acerbi; Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Jorginho (Bryan Cristante 61'), Davide Frattesi (Marco Verratti 76'), Leonardo Spinazzola (Federico Dimarco 46'); Nicolo Zaniolo, Ciro Immobile (Federico Chiesa 60')

Komentar