nusabali

Tepat, Mbappe Kapten Tim

Belanda Digilas Prancis, Koeman Marah

  • www.nusabali.com-tepat-mbappe-kapten-tim

Mbappe mampu menanggung beban sebagai kapten Prancis di laga kontra Belanda. Dia bermain seperti bisa tak terpengaruh ban kapten yang melingkar di lengannya.

PARIS, NusaBali

Keputusan Didier Deschamps menunjuk Kylian Mbappe njadi kapten tim terbilang tepat. Mbappe menjalankan tugasnya dengan baik membawa Prancis menggilas Belanda 4-0.

Ya, Mbappe tampil pertama kali sebagai kapten Prancis pada laga lawan Belanda, dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024, di Stade de France, Paris, Sabtu (25/3) dinihari WITA. Pemain PSG itu mampu memimpin Prancis dengan baik, dan membantu Tim Ayam Jantan membantai De Oranje 4-0.

Bahkan Mbappe menyumbang dua gol pada laga itu. Sedangkan dua gol Les Bleus lainnya diciptakan Antoine Griezmann dan Dayot Upamecano.

Pelatih Prancis Didier Deschamps, semakin mantap pilihannya menunjuk Mbappe sebagai kapten sangat tepat. Sebelumnya sempat muncul kontroversi terkait keputusan Deschamps ini.

Griezmann disebut marah karena Deschamps lebih memilih Mbappe sebagai kapten. Pasalnya, pemain Atletico Madrid itu merasa lebih senior di Timnas Prancis. Mbappe dipilih sebagai kapten baru Prancis setelah kapten sebelumnya Hugo Lloris pensiun dari Timnas Prancis.

Deschamps mengungkapkan Mbappe mampu menanggung beban sebagai kapten Prancis di laga kontra Belanda. Dia bermain seperti bisa tak terpengaruh ban kapten yang melingkar di lengannya.

"Dia terlibat dan menikmati dirinya sendiri. Dia melakukan upaya seperti yang dilakukan rekan satu timnya. Dia juga sesekali mengubah posisi, dia tahu bagaimana memberi ruang ke yang lain," ujar Deschamps dikutip dari Dailymail.

Dengan tambahan dua gol kontra Belanda, kini jumlah gol Mbape bersama Tim Ayam Jantan melewati koleksi Karim Benzema. Kini Mbappe punya 38 gol dan Benzema 37 gol.

Catatan itu akan bertambah, karena saat ini Mbappe masih berusia 24 tahun. Mbappe dinilai berpeluang melewati pemegang top skor Timnas Prancis sepanjang masa, yakni Oivier Giroud dengan 53 gol.

"Mbappe sudah jadi pemain terbaik dunia. Apa yang dilakukan pada usianya, itu luar biasa. Dia sudah dewasa, cerdas, mampu mengontrol emosi,"kata Deschamps.

Sementaraa itu, pelatih Belanda Ronald Koeman kecewa berat dengan penampilan timnya usai dikalahkan Prancis 0-4. Koeman menyebut penampilan Belanda di bawah rata-rata, hingga babak belur di kandang Prancis. Bahkan tim Oranje kebobolan dua gol saat laga berjalan 8 menit.

Meski unggul penguasaan bola (59%), Belanda tumpul di depan. Mereka juga sempat dapat penalti di injury time, tapi eksekusi Memphis Depay digagalkan Mike Maignan.

Belanda tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya usai lima pemain dipulangkan karena virus, termasuk Cody Gakpo. Meski demikian, Koeman enggan menjadikannya sebagai alasan.

"Kami tak banyak bicara di pertandingan ini, saya tidak menyangka gapnya. Ini bukan tim yang ingin saya turunkan. Tapi saya tidak ingin berdalih untuk performa medioker ini," ujar Koeman seperti dilansir Metro.

Belanda selanjutnya menghadapi Gibraltar, Selasa (28/3) dini hari WITA. Koeman menantikan respons positif dari Virgil van Dijk dkk. *

Susunan pemain
Prancis (4-2-3-1): Mike Maignan; Jules Kounde, Ibrahima Konate, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni (Eduardo Camavinga 76'), Adrien Rabiot (Thuram Ulien 89'); Kingsley Coman (Moussa Diaby 67'), Antoine Griezmann (Youssouf Fofana 76'), Kylian Mbappe; Randal Kolo Muani (Olivier Giroud 76').

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Nathan Ake, Virgil van Dijk, Lutsharel Geertruida (Tyrell Malacia 87'), Jurrien Timber; Kenneth Taylor (Wout Weghorst 33'), Marten De Roon (Daley Blind 67'), Georginio Wijnaldum; Xavi Simons (Davy Klassen 68'), Memphis Depay, Steven Berghuis (Donyell Malen 68').

Komentar