nusabali

Coki Kandas di Delapan Besar

  • www.nusabali.com-coki-kandas-di-delapan-besar

JAKARTA, NusaBali - Karateka asal Bali Cokorda Istri Sanistya Rani (Coki) yang bertanding di kelas -55 kg mencapai perempatfinal atau delapan besar di Kejuaraan Karate 1 Premiere League, di Kairo, Mesir, 19-21 April 2024. Dengan pencapaian itu, peringkat Coki naik dari posisi 21 ke urutan 16.

"Pertandingan di Kairo sudah selesai. Coki sampai babak quarter final," ujar pelatih karate, Jintar Simanjuntak, Rabu (24/4). 

Jintar menjelaskan, di babak kualifikasi grup Coki berhasil menuai hasil bagus, dan mampu mengalahan lawan-lawannya dengan skor meyakinkan. 

"Di kualifikasi grup, Coki menang dari karateka Prancis 2-1. Kemudian Coki menang lagi dari karateka Turki 7-4," kata mantan karateka nasional itu. 

Hasil tersebut, membawa Coki ke perempat final. Namun, langkah Coki terhenti oleh karateka Itali di babak delapan besar. Coki kalah 1-3 dan peringkatnya naik dari urutan 21 ke posisi 16. 

Menurut Jintar, prestasi yang dicapai Coki cukup baik meski belum menampilkan penampilan terbaiknya. Karena itu, ada beberapa yang perlu dievaluasi. Antara lain, strategi dan jarak dengan lawan saat bertanding. Itu semua, kata Jintar, harus dapat segera diperbaiki. Caranya, banyak melakukan latihan demi latihan.

Selain Coki, PB FORKI juga mengirimkan Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung di kelas 68 kg. "Ceyco sampai babak bronze final. Di babak itu, dia kalah dengan atlet Spanyol. Dengan prestasi itu pula, peringkat Ceyco naik dari empat ke tiga," kata Jintar.

Setelah mengikuti Karate 1 Premiere League Kairo, kedua karateka langsung pulang ke daerah masing-masing. Sebab, saat ini belum ada Pelatnas karate. "Karena pemerintah, khususnya Kemenpora fokus dengan cabang yang ikut Olimpiade," kata Jintar Simanjuntak. k22

Komentar