nusabali

Merpati Bali KU-14 Putri Juara YBA

  • www.nusabali.com-merpati-bali-ku-14-putri-juara-yba

JAKARTA, NusaBali - Tim basket Merpati Bali Kelompok Umur 14 Tahun Putri menjadi juara Youth Basketball Association (YBA) Summer 2022 di GMC Arena, Cirebon, Jawa Barat, pada 3-7 Juli. Di final mereka mengalahkan Warriors Jakarta 53-52.

Mereka juga membawa pulang sejumlah predikat. Yakni, pelatih Merpati Bali Hendra Jaya mendapat predikat best coach. Lalu Komang Aulia Citra Dewi dinobatkan sebagai MVP Final dengan point 87. 

Kepala Pelatih Klub Merpati Bali Muflih Farhan mengatakan, laga final berjalan seru, karena kekuatan tim seimbang dan timnya menang hanya selisih satu point. 

“Para pemain menangis, karena ini di luar ekspetasi kami. Kami hanya mencari pengalaman di level nasional. Namun, mampu meraih juara," ujar Farhan, Jumat (8/7).

Menurut Farhan, pemain KU-14 Putri banyak pemain baru. Dari 12 pemain, sembilan pemain baru masuk tim inti. Mereka mempersiapkan diri sejak Februari 2022 atau sekitar 4,5 bulan. Persiapan tersebut termasuk singkat untuk mengikuti turnamen. Namun keberhasilan itu, kata Farhan, mereka on the track atau sesuai keinginan pelatih. Selain itu, ada peningkatan mental bertanding, strategi dan teknik.

Selain KU-14 Putri, Merpati Bali juga menurunkan pemain tim KU-14 Putra yang di peringkat keempat dan KU-18 Putri di urutan ketiga.

Menurut Farhan, penampilan tim KU-18 putri sudah cukup baik, dan mampu memberi perlawanan. 

"Secara keseluruhan masih ada "PR" bagi kami. Antara lain, turn over dan offensive rebound," kata pelatih tim basket putri di PON Papua ini.

Farhan menerangkan offensive rebound terjadi karena pemain kurang tinggi. Alhasil lawan dapat kesempatan kedua mendapat poin. Untuk mengantisipasinya perlu block shot. Sedangkan turn over terjadi karena pemain membuat kesalahan sendiri baik dari passing maupun dribble. 

“Untuk itu, mereka akan lebih gencar lagi berlatih dibagian tersebut agar kelak saat mengikuti YBA tidak terulang kembali,”kata Muflih Farhan. k22

Komentar