nusabali

Ikuti Islamic Solidarity Games, Gede Ganding Targetkan Emas

  • www.nusabali.com-ikuti-islamic-solidarity-games-gede-ganding-targetkan-emas

JAKARTA, NusaBali - Pejudo Gede Ganding Kalbu Soethama mentargetkan meraih medali emas dalam Islamic Solidarity Games (ISG), di Konya, Turki, 9-18 Agustus 2022. Ganding akan turun di nomor spesialisnya kelas -100 kg. Atlet asal Bali itu jadi bagian dari kontingen Indonesia.

"Saya ikut Islamic Solidarity Games dan bertanding di kelas -100 kg. Target saya meraih medali emas agar dapat membuktikan latihan di daerah juga dapat menghasilkan medali emas," ujar Gede Ganding, Jumat (8/7). 

Untuk berlaga di ISG, para pejudo memang menjalani latihan secara mandiri. Mereka berlatih di daerah masing-masing sejak pulang dari SEA Games 2021 Vietnam pada 12-23 Mei lalu. Latihan mandiri dipilih agar para pejudo di daerah tetap menjaga kondisi dan latihan rutin di tempatnya. Ganding pun telah melaksanakan sebulan lebih.

"Latihan mandiri dilakukan agar atlet di daerah tidak berhenti latihan. Saya latihan setiap hari. Sehari latihan sekali. Latihan saya lakukan selang seling. Misal, hari ini latihan judo. Besok latihan fisik selama dua sampai tiga jam," kata Peraih medali emas kelas -100 kg SEA Games 2019 Filipina itu.

Gede Ganding mengungkapkan, dirinya berlatih bersama atlet Kota Denpasar yang mempersiapkan diri mengikuti Porprov Bali di GOR Lila Bhuana, Denpasar. 

"Kalau untuk Porprov Bali, saya tidak ikut. Saya hanya latihan bersama dengan atlet untuk Porprov saja," ucap pria kelahiran Denpasar, 7 September 1996 ini.

Karena itu, latihan Ganding di daerah dipantau pula oleh pelatih. Selanjutnya Ganding melaporkan ke pusat melalui grup WA yang tersedia. ISG di Turki merupakan keikutsertaan pertama anak pertama dari tiga bersaudara ini ajang tersebut.

Ganding juga tidak memantau lawan-lawan dari negara mana saja sehingga belum mengetahui lawan kuat siapa saja. Yang terpenting dirinya harus mempersiapkan diri dengan baik agar memperoleh medali emas Islamic Solidarity Games. k22

Komentar