nusabali

Gede Agastya Kembali ke Pelatnas

  • www.nusabali.com-gede-agastya-kembali-ke-pelatnas

JAKARTA, NusaBali - Usai menjadi merebut gelar juara Kejurnas Judo Piala Kasad XIV/2023, pejudo andalan Bali Gede Agastya Dharma Wardhana atau akrab disapa Agas kembali ke Pelatnas Judo di Ciloto, Jawa Barat. Ya, bersiap mengikuti kejuaraan judo internasional.

Agas sendiri meraih medali emas atau juara dalam Piala Kasad, yang juga babak kualifikasi atau Pra PON, di Basket Hall GBK, Senayan, Jakarta Pusat, pada 7-10 Oktober. Di Pra PON, Agas menjalani empat kali pertandingan di kelasnya pada Senin (9/10). Hasilnya Agas mengalahkan pejudo DI Yogkakarta Risang M, Eldin M (Banten), Ragi F  (Jabar), dan Ardo B (DKI Jakarta).

"Setelah mengikuti kejuaraan ini, saya balik ke Pelatnas untuk menjalani latihan kembali," ujar Agas, Selasa (10/10) malam.  Agas  kembali ke Pelatnas pada Rabu (11/10). Sebelum berlaga di Pra PON, Agas baru saja turun di Asian Games 2022 Hangzhou, China. Dia pulang pada 29 September, dan langsung ke Pelatnas. Setelah tiga tiga hari di Pelatnas, Agas berangkat ke Jakarta mengikuti Pra PON. 

"Saya ke Pra PON bersama teman-teman Pelatnas lainnya, tetapi kami membela daerah masing-masing," kata Agas.

Agas menerangkan, saat Kejurnas yang juga Pra PON, dirinya mampu mengalahkan pejudo DI Yogyakarta dan Banten dengan mudah. Namun saat mengahadapi pejudo Jabar, pertandingan berjalan alot. Sebab, pejudo Jabar juga sparing partner Agas di Pelatnas.

"Kami sama-sama atlet Pelatnas, sehingga sudah sama-sama tahu tekniknya. Astungkara, saya menang dari dia," terang Agas. 

Di final, Agas bertemu dengan pejudo DKI Jakarta, Ardo B. Itu merupakan pertemuan pertama keduanya. Dia menilai pejudo DKI tidak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, Agas barus mampu mengalahkan Ardo setelah pertandingan berjalan tiga menit lebih dari empat menit yang tersedia. 

"Di menit 3,28 saya dapat membanting dia sehingga menang dalam pertandingan," kata Agas. 

Dengan hasil tersebut, Agas bersyukur, karena sudah lama tidak bertanding di tingkat nasional. Terakhir Agas bertanding di level tersebut pada Maret 2022 juga di Piala Kasdad dan berhasil membawa pulang medali emas. Kesuksesan Agas memperoleh medali emas membuat dirinya lolos ke PON 2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Terakhir peringkat saya ke delapan. Dengan raihan emas di sini, saya setidaknya mengamankan poin ke PON. Namun, saya belum tahu peringkat terbarunya ke berapa, karena masih menunggu pengumumannya. Tapi, setidaknya saya lolos PON," kata Gede Agastya Dharma Wardhana. k22

Komentar