nusabali

Republik Ceko Pulangkan Belanda

Belanda 0 Republik Ceko 2

  • www.nusabali.com-republik-ceko-pulangkan-belanda

BUDAPEST, NusaBali.com – Hasil sempurna Belanda di fase grup yang menyapu tiga kemenangan akhirnya terhenti di babak 16 besar Euro 2020. Belanda harus mengakui keunggulan Republik Ceko 0-2 dalam laga yang dilangsungkan di Ferench Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Senin (28/6/2021) dini hari Wita.

Pertandingan yang disaksikan sekitar 60.000 penonton ini berjalan imbang. Setelah di babak I kedua tim berbagi angka 0-0, setuasi berubah di babak II. Tepatnya di menit 55, Belanda bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah yang diterima Matthijs de Ligt.

Awalya wasit memberi kartu kuning untuk defender berusia 21 tahun ini. Namun setelah di-review VAR, pemain asal Juventus ini terlihat dengan sengaja menyentuh bola saat berebut bola dengan striker Ceko Patrik Schick. Alhasil wasit Sergey Karasev menghadiahi dengan kartu merah.

Situasi 11 lawan 10 membuat Ceko lebih agresif melancarkan serangan dan pada menit ke-64 Pavel Kaderabek menerima umpan silang di dalam kotak penalti, beruntung bagi Belanda Dumfries sukses melakukan halauan untuk menghadang bola tembakan bek TSG Hoffenheim tersebut.

Kerja keras Ceko memanfaatkan situasi yang timpang akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68 untuk merebut keunggulan melalui gol Holes.

Berawal dari situasi tendangan bebas, Kalas mengirimkan umpan sundulan menyilang yang segera ditanduk oleh Holes demi menjebol gawang Belanda.

Tertinggal satu gol, Frank de Boer berusaha membangkitkan Belanda dengan menambah tenaga segar di lini depan, memasukkan Wout Weghorst menggantikan Marten de Roon, supaya mereka lebih lancar mengalirkan bola-bola udara.

Hanya saja, situasi 10 lawan 11 tetap menyulitkan Belanda dan meninggalkan lubang yang berusaha dimanfaatkan Tomas Soucek dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-77, tapi kiper gaek Maarten Sketelenburg mampu mengamankan bola.

Tiga menit berselang, lubang di pertahanan Belanda semakin tampak saat mereka gagal menghentikan pergerakan Holes ke sisi kiri kotak penalti dan mengirimkan umpan tarik yang disambut sempurna oleh Schick untuk menggandakan keunggulan Ceko.

Belanda terus berusaha menciptakan momentum kebangkitan, tetapi dengan hanya 10 pemain mereka kesulitan melakukannya dan harus menelan kekalahan 0-2 dari Ceko saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Sementara Ceko melangkah ke perempat final menghadapi Denmark pada Sabtu (23/7/2021) di Baku, Ajerbaizan. Sebaliknya Belanda harus mendapati penampilan kembali mereka di babak utama turnamen bergengsi hanya berhenti di putaran 16 besar. *ant, mao



Komentar