nusabali

Inggris Melawan Kutukan di Kandang Sendiri

  • www.nusabali.com-inggris-melawan-kutukan-di-kandang-sendiri

Fase Knock Out Babak 16 Besar

Empat tim sebelum Euro 2020 dinilai sebagai unggulan, yakni Belgia, Inggris, Jerman dan Portugal dipertemukan dalam babak 16 besar, setelah seluruh rangkaian fase penyisihan grup rampung dimainkan pada Kamis (24/6) dini hari WITA.

Dalam fase knock out itu hanya ada satu tim pun yang bertanding di kandang sendiri, yakni Inggris. Hanya saja selama ini Inggris seperti kena kutukan jika lawan Jerman di fase knock out. Ya, Inggris tak pernah menang.  

1. Wales vs Denmark di Amsterdam
Wales ke 16 besar sebagai runner-up Grup A dengan empat poin, kendati pada laga terakhirnya kalah 0-1 dri Italia.
Denmark disemangati insiden kolapsnya Christian Eriksen pada laga pembuka Grup B dan meloloskan diri sebagai runner-up berkat kemenangan heroik 4-1 kontra Rusia di laga pemungkas.
Laga Wales vs Denmark akan membuka rangkaian 16 besar di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu (26/6) pukul 24.00 WITA
Kedua tim 10 kali bertemu dan Wales empat kali menang dan enam kali menjadi milik Denmark, termasuk dua laga terakhir di UEFA Nations League 2018/19.

2. Italia vs Austria di London
Italia adalah tim pertama yang lolos ke 16 besar, dengan menyapu bersih Grup A seusai menundukkan Wales 1-0.
Austria mencetak sejarah saat mengalahkan Ukraina dan pertama kalinya lolos ke babak gugur Euro, sebagai runner-up Grup C dengan raihan enam poin.
Laga Italia vs Austria menjadi satu dari dua laga 16 besar yang dimainkan di London dan dijadwalkan pada Minggu (27/6) pukul 03.00 WITA.
Selain karena berstatus unggulan turnamen, Italia juga punya bekal catatan tanpa kalah kontra Austria dalam 13 laga terakhir yang 10 di antaranya mereka menangi.

3. Belanda vs Rep Ceko di Budhapest

Belanda lolos ke 16 besar sebagai juara Grup C dan tim paling produktif dalam penyisihan dengan delapan gol, serta untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah menyapu bersih fase grup Euro setelah edisi 2000 dan 2008.
Ceko patut kecewa pada akhirnya hanya lolos ke 16 besar sebagai peringkat ketiga Grup C karena di laga pemungkas kalah 0-1 melawan Inggris dan di laga lain Kroasia menyalip ceko berbekal kemenangan 3-1 atas Skotlandia.
Duel Belanda vs Ceko dimainkan di Puskas Arena, Budhapest, Minggu (27/6) pukul 24.000 WITA.
Catatan pertemuan kedua tim punya keunggulan yakni Ceko lima kali menang, tiga kali imbang dan Belanda tiga kali kalah. Dua laga terakhir dimenangi Ceko dalam fase kualifikasi Euro 2016, yang membuat Belanda absen dari babak utama.

4. Belgia vs Portugal di Sevilla
Belgia adalah satu dari tiga tim yang menyapu bersih kemenangan fase grup dan lolos sebagai juara Grup B setelah mematahkan debutan Finlandia di laga terakhir.
Portugal untuk dua edisi beruntun lolos ke 16 besar berstatus salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup setelah menempati posisi ketiga Grup F yang disebut-sebut grup neraka.
Laga Belgia vs Portugal adalah pertandingan antara tim peringkat pertama FIFA dan juara bertahan Euro, di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin (28/6) pukul 03.00 WITA.
Belgia tak terkalahkan lawan Portugal dalam lima laga terakhir termasuk memenangi tiga di antaranya.

5. Kroasia vs Spanyol di Kopenhagen
Kroasia membuktikan status runner-up Piala Dunia 2018 bukanlah kebetulan dengan mengalahkan Skotlandia 3-1 di laga terakhir Grup D untuk lolos sebagai runner-up.
Spanyol yang mengawali laga di Grup E dengan dua hasil imbang seolah membuka keran golnya di laga terakhir untuk melumat habis Slovakia 5-0 dan lolos sebagai runner-up.
Laga tersebut dimainkan di Stadion Parken, Kopenhagen, Senin (28/6), mulai pukul 24.00 WITA. Kedua tim terakhir kali bertemu di UEFA Nations League 2018/19, di mana Spanyol menang 6-0 sebelum Kroasia membalas 3-2

6. Prancis vs Swiss di Bucharest

Prancis lolos sebagai juara Grup F dengan meraih lima poin, hanya tiga tahun setelah juara Piala Dunia 2018. Swiss adalah tim pertama yang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik penyisihan grup dengan empat poin dan selisih gol defisit satu di Grup A.
Prancis dan Swiss berlaga Bucharest, Rumania, di Stadion Nationala Arena pada Selasa (29/6) mulai pukul 03.00 WITA.
Lima tahun lalu kedua tim bertemu di Grup A Euro 2016 dan berbagi satu poin setelah imbang 0-0, tapi Prancis hampir tiga dasawarsa tidak pernah kalah melawan Swiss. Terakhir kali terjadi pada 1992 pada laga persahabatan yang dimenangi Swiss 2-1.

7. Inggris vs Jerman di London
Lolos sebagai juara Grup D, Inggris tim yang produktivitas golnya paling minimalis di antara tim-tim juara grup lainnya, yakni hanya dua gol.
Jerman lolos sebagai runner-up Grup F setelah nyaris dikejutkan Hongaria dan akhirnya mengimbangi lawannya itu 2-2 di laga pemungkas.
Inggris diunggulkan karena menjamu Jerman di Wembley, London, Selasa (29/6) pukul 24.00 WITA, dan lawannya besar kemungkinan tanpa suporter karena regulasi terkait Covid-19 mengharuskan pendatang menjalani karantina 10 hari setibanya di Inggris.
Jerman adalah sumber kekecewaan Inggris di beberapa turnamen bergengsi dari tahun ke tahun, termasuk saat kalah adu penalti dalam semifinal Euro 1996 yang juga dimainkan di Wembley.

8. Swedia vs Ukraina di Glasgow
Swedia ke 16 besar sebagai juara Grup E usai kemenangan 3-2 atas Polandia yang menyusul keberhasilannya mengimbangi tim unggulan Spanyol di laga pertama.
Ukraina salah satu tim yang memanfaatkan jalur peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar kendati hanya meraih tiga poin dan defisit satu gol di Grup C.
Laga tersebut akan dimainkan di Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6) mulai pukul 03.00 WITA
Kedua tim bertemu empat kali sepanjang sejarah dan Swedia kalah tiga kali, termasuk dalam penyisihan grup di Euro 2012. *ant

Komentar