nusabali

Kejutan, Uzbekistan Pulangkan Inggris

  • www.nusabali.com-kejutan-uzbekistan-pulangkan-inggris

JAKARTA, NusaBali - Kejutan besar dibuat jagoan Asia yang masih tersisa, tim nasional Uzbekistan U-17. Ya, mereka meraih tiket ke perempat final (babak delapan besar) Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Timnas Inggris 2-1, dalam pertandingan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Rabu (22/11).

Dalam laga tersebut, Uzbekistan langsung bermain dengan pressing tinggi. Hasilnya ampuh, empat menit laga berjalan Amirbek Saidov merobek gawang Tommy Setford.
 
The Young Lions yang tertinggal 0-1 mencoba menguasai tempo permainan. Namun di sisi lain Uzbekistan terus menerapkan pressing tinggi untuk mengacaukan pola permainan lawan.

Lini pertahanan Uzbekistan begitu kokoh ditembus melalui sektor sayap Inggris. Tercatat Inggris yang kesulitan sering melepaskan tembakan-tembakan spekulasi dari luar kotak penalti.

The Young Lions memperoleh momentum pada menit ke-35, melalui skema serangan balik Chris Rigg mengirimkan umpan terobosan ke Joel Ndala di sektor kanan pertahanan Uzbekistan.

Joel Ndala yang terbebas dari jebakan offside dengan mudah menyarangkan bola ke gawang Sobirov untuk membawa skor berimbang menjadi 1-1.

Usai mencetak gol, Inggris semakin menekan pertahanan Uzbekistan. Namun skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama. Sepanjang babak pertama, Inggris telah melepaskan delapan tembakan dan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Uzbekistan melesatkan empat tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Di babak kedua, Inggris mencoba terus menekan. Sementara Uzbekistan menerapkan lini pertahanan rendah untuk mengantisipasi bola-bola dari sektor sayap Inggris.

Pada menit ke-62, sepakan dari luar kotak penalti Amo-Ameyaw masih ditangkis Sobirov. Uzbekistan justru mampu mencetak gol kedua melalui tendangan bebas Lazizbek Mirzaev yang bersarang di sisi kanan gawang Setford. Uzbekistan unggul 2-1.

Inggris mencoba menyamakan kedudukan, namun sepakan Joel Ndala dari luar kotak penalti pada menit ke-75 masih membentur mistar gawang.

Upaya untuk menciptakan peluang terus dilakukan Inggris, namun Sobirov tampil apik di bawah mistar gawang. Hingga peluit akhir pertandingan ditiup, skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Uzbekistan. Selanjutnya, Uzbekistan akan menghadapi di perempatfinal antara Prancis atau Senegal. ant

Komentar