nusabali

Bellingham Selamatkan Inggris dari Terkaman Belgia

Jerman Comeback Hajar Belanda, Portugal Kalah Setelah 12 Laga

  • www.nusabali.com-bellingham-selamatkan-inggris-dari-terkaman-belgia

LONDON, NusaBali - Tim nasional Inggris terhindar dari kekalahan setelah bermain imbang 2-2 lawan Belgia dalam pertandingan persahabatan di Wembley Stadium, London, Rabu (27/3) dinihari WITA. Youri Tielemans mencetak dua gol untuk Belgia, sedangkan dua gol Inggris dicetak Ivan Toney dan Jude Bellingham.

Hasil itu memuat Inggris tanpa kemenangan di dua laga ujicoba setelah beberapa hari lalu kalah 0-1 dari Brasil. Namun manajer Inggris Gareth Southgate memuji Bellingham (21 tahun) atas sikap pantang menyerahnya. Pemain Real Madrid itu menyelamatkan wajah Inggris dari kekalahan.

Tim di peringkat ketiga FIFA itu menjadi salah satu tim favorit untuk memenangkan Euro 2024. Inggris pun meningkatkan persiapannya dengan dua laga persahabatan sengit melawan Brasil dan Belgia.

Brasil sukses mencetak gol di menit akhir pada akhir pekan lalu untuk memberikan kekalahan pertama bagi Inggris dalam 15 bulan terakhir. Catatan itu hampir saja makin diperparah Belgia.

"Sikap kompetitif, keinginan untuk tidak kalah, keinginan untuk menang pada akhirnya menjadi penentu dalam mendapatkan gol di menit akhir,” kata Southgate.

Aksi gemilang Bellingham membawa harapan Euro 2024 untuk timnas Inggris. Kendati demikian, Three Lions menghadapi kesulitan dalam dua laga persahabatan itu karena penuh tantangan dan diwarnai dengan cedera.

Bellingham pun menyebut bahwa dua laga persahabatan yang dijalani Inggris ini akan membantu skuadnya menuju Euro 2024. Dia juga merasa orang-orang akan bersikap negatif terhadap hasil yang diperoleh Three Lions dalam dua laga tersebut.

Sementara itu, Jerman kembali menelan korban sesame tim Eropa. Ya, usai melindas Prancis, kini Der Panzer melakukan comeback 2-1 saat menjamu Belanda, dalam laga persahabatan di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Rabu (27/3) dinihari WITA. Itu kedua beruntun di laga persahabatan menjelang Piala Eropa 2024, usia mengalahkan Prancis 2-0 pada 24 Maret lalu.

Belanda unggul lewat gol cepat Joey Veerman pada menit ke-4. Pemain PSV itu menaklukkan kiper Marc-Andre ter Stegen dengan tendangan first time dari kotak penalti untuk unggul 1-0. Pada menit ke-8, Jerman menyamakan 1-1 lewat Max Mittelstaedt. Jerman mencetak gol kedua pada menit ke-85 melalui Fullkrug. Jerman pun menang 2-1 di laga ujicoba itu.

Sejak dilatih Julian Nagelsmann Jerman meraih dua kemenangan beruntun pada Maret ini, dengan mengalahkan Prancis dan Belanda. Jerman juga memainkan enam laga uji coba, yakni menang 3-2 kontra Amerika Serikat, imbang lawan Meksiko 2-2, lalu beruntun dikalahkan Turki 2-3 dan Austria 0-2.

Sementara itu, Portugal tumbang dua gol tanpa balas dari Slovenia dalam laga persahabatan di Stadion Stozice pada Rabu dinihari WITA. 

Sempat absen saat Portugal menang 5-2 atas Swedia, Cristiano Ronaldo menjadi starter di laga ini.

Namun, kehadiran Ronaldo tidak memberikan dampak berarti di babak pertama. Di sisi lain, Slovenia juga gagal mencetak gol dan babak pertama pun tuntas tanpa gol.

Kekalahan dari Slovenia itu menjadi kekalahan pertama Portugal di era kepelatihan Roberto Martinez. Dalam 11 laga awal bersama Martinez, Portugal selalu menang, dengan mencetak 41 gol dan kebobolan 4 gol.

Namun, catatan sempurna itu terhenti di laga ke-12, dengan kekalahan 0-2 dari Slovenia. Meski mendominasi laga, Portugal kebobolan pada menit ke-72 lewat Adam Gnezda Cerin dan Timi Elsnik (80).

Sedangkan laga persahabatan antara Spanyol kontra Brasil berakhir seri 3-3 di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu dinihari WITA. Rodri mencetak dua gol untuk Spanyol lewat penalti, dan gol lainnya dicetak Dani Olmo. Sedangkan tiga gol Brasil masing-masing dicetak Rodrygo, Endrick dan Lucal Paqueta. *

Komentar