nusabali

Usai Timnas U-20 Digebuk Uzbekistan dan Thailand, Indra Akan Coret 13 Pemain

  • www.nusabali.com-usai-timnas-u-20-digebuk-uzbekistan-dan-thailand-indra-akan-coret-13-pemain

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri akan mencoret sekitar 13 pemain, sebagai dari dua kekalahan dalam uji coba pada akhir bulan ini.

Ya, Timnas U-20 dipermalukan 2-3 oleh Uzbekistan U-20, dalam ujicoba di Stadion Madya, Jakarta Pusat, Selasa (30/1) malam. Sebelumnya, mereka juga dipermalukan Thailand U-20 1-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 26 Januari 2024.

Indra Sjafri mengatakan, dari 30 pemain Timnas U-20 yang ada saat ini, sekitar 17 di antaranya akan dipertahankan untuk kegiatan selanjutnya. Sedangkan 13 pemain akan dicoret.

"Saya mau bilang dari dua pertandingan latih tanding internasional yang saya lakukan ini, sudah mencoba 27 pemain Timnas U-20," ujar Indra Sjafri.

Indra pun sekarang tahu persis dari 30 pemain di Timnas U-20 sekarang, hanya 17 pemain dapat menjadi bagian dari tim. So, itu berarto Indra akan mencari pemain baru. 

“Dari mana sumbernya? Satu, saya sedang mengirim tim pelatih ke Surabaya untuk melihat Piala Soeratin U-17," jelas Indra Sjafri.

Saat ini, Timnas U-20 bermaterikan mayoritas alumni Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023 seperti Arkhan Kaka, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Riski Afrisal, Ikram Al Giffari, hingga Kafiatur Rizky. Selain itu, Nabil Asyura, Figo Dennis Saputratanto, Rifky Tofani, Ji Da Bin, dan Rizdjar Nurviat.

Timnas U-17 direncanakan akan menggelar uji coba lagi pada 6 Februari 2024. Tim Garuda Muda berpeluang berlatih tanding dengan klub Pratama Arhan di Korea Selatan, Suwon FC.

Timnas U-20 asuhan Indra Sjafri dipersiapkan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Sebelum itu, timnas U-20 akan mengikuti Piala AFF U-19 2024 pada pertengahan tahun sebagai pijakan pertama untuk menilai kekuatan tim lebih lanjut ke depannya sebelum berlaga di kualifikasi Piala Asia pada akhir tahun.

Setelah merampingkan skuad U-20 menjadi 17 pemain, Indra akan menambah pemain baru yang didapatkan dari Piala Soeratin, kompetisi Elite Pro Academy (EPA), dan menjaring para pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

“Nama pemain luar negeri yang akan  dipanggil, jadi yang pasti setiap FIFA match day akan TC dan dilakukan ujicoba,” kata Indra Sjafri. ant

Komentar