nusabali

Dekranasda Kota Batu Kunjungi Perajin Gianyar

  • www.nusabali.com-dekranasda-kota-batu-kunjungi-perajin-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Dearah) Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kunjungi Gianyar, antara lain ke Bali Taksu Gallery, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Jumat (11/6).

Dekranasda Kota Batu tertarik kerajinan khas bumi seni Gianyar karena Gianyar sudah dinobatkan sebagai salah satu kota kerajinan dunia atau World Craft City.

Rombongan Dekranasda Kota Batu, Malang, dipimpin Wakil Ketua Dekranasnda Batu Ny Qurul Aini. Mereka  merasa kunjungannya ke Kabupaten Gianyar, tepat. Karena potensi kerajinan di Gianyar beragam yang ditunjang oleh destinasi wisata menarik. ‘’Kami berharap dapat belajar banyak dari Gianyar, terutama cara atau kiat-kiat dalam membantu perajin untuk bertahan dan bangkit dari keterpurukan di tengah pandemi ini,’’ ujar Qurul Aini.

Pemilik Bali Taksu Gallery Ir Made Budiasa berterima kasih kepada jajaran Dekranasda Kota Batu dan Gianyar yang telah memilih galery ini sebagai salah satu lokasi kunjungan. Dia berharap kunjungan ini menjadi awal kunjungan wisatawan lainnya ke Gianyar di tengah pandemi. ‘’Dengan itu, kondisi pariwisata perlahan pulih seperti sediakala,’’ jelasnya.

Selain ke Bali Taksu Gallery, rombongan juga mengunjungi industri tenun di Tenun Putri Ayu, Desa/Kecamatan Blahbatuh. Rombongan juga dipandu Ketua Dekranasda Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Ny Adnyani menjelaskan ada beragam jenis produk kerajinan lokal di Gianyar. Antara lain, kerajinan kayu, bambu, tulang, tenun, perak dan lain-lain. Tahun 2019 terdapat 171 sentra IKM dengan 23.695 unit usaha menyerap tenaga kerja 79.650 orang. Saat ini kerajinan kayu terdapat 55 sentra industri dengan 6.540 unit usaha, menyerap 19.492 orang. Kerajinan tenun, dengan 17 IKM tenun menyerap tenaga kerja sekitar 350 orang.

Surya Adnyani Mahayastra mengaku terus memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para perajin. Salah satunya, tahun 2020 memfasilitasi pelatihan desain tenun Cagcag disertai bantuan alat tenun Cagcag 15 unit, 2 unit ATBM (alat tenun bukan mesin) dan 1 unit kepada kelompok tenun Sari Bakti, Banjar Pesalakan, Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring. Disamping itu, mengikutsertakan produk kerajinan Gianyar pada setiap pameran. *nvi

Komentar