nusabali

IPB University Kunjungan Kerja ke Gianyar

  • www.nusabali.com-ipb-university-kunjungan-kerja-ke-gianyar
  • www.nusabali.com-ipb-university-kunjungan-kerja-ke-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Gianyar menerima kunjungan kerja dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Jumat (12/1) sore. Rombongan diterima di Kissidan Eco Hill Retreat and Resto, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar. Kunjungan kerja terkait pengembangan kerja sama antara Pemkab Gianyar dan IPB University.

Hadir Kadisnaker Gianyar dan kepala OPD terkait, serta perbekel yang mendapatkan program Perluasan Kesempatan kerja TKM Berbasis Kawasan. Sebelum diterima, para pimpinan IPB University diajak berkeliling melihat stand hasil karya kelompok tenaga kerja mandiri (TKM) Kabupaten Gianyar. Wakil Rektor IV (Bidang Konektivitas Global, Kerja sama dan Alumni) Prof Dr Iskandar Z Siregar mengatakan, kunjungan membahas pengembangan kerja sama antara IPB dengan Pemkab Gianyar. 

Salah satunya breeding atau pengembangan bunga gumitir yang telah dikembangkan di Provinsi Bali dan pemberdayaan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja melalui program yang diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI. Prof Iskandar mengungkapkan beberapa kegiatan yang sedang berlangsung di antaranya perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan bagi 20 kabupaten. Salah satunya Kabupaten Gianyar. “Insya Allah tahun ini programnya dilanjutkan dan dikembangkan,” ujar Prof Iskandar. 


Ke depan akan dikembangkan menjadi summercoast khusus di musim panas yang dikolaborasikan dengan kearifan lokal dan budaya Bali. “Dari focus group discussion (FGD) sebelumnya sudah diidentifikasi bagaimana kita bisa melaksanakan summercoast tentang pengelolaan sumber daya alam serta planning dengan kearifan lokal dan culture-nya Bali,” jelas Prof Iskandar. Pengembangan desa presisi yang akan menjadi percontohan. Dalam kerja sama ini IPB juga mengkaji menempatkan mahasiswa magang ataupun KKN Tematik di Kabupaten Gianyar. 

Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim IPB University ke Kabupaten Gianyar serta pendampingan yang telah diberikan. Dengan pendampingan ini Kabupaten Gianyar mampu mencetak sumber daya di bidang kewirausahaan serta terciptanya perluasan kesempatan kerja. Menjadi pendukung tujuan bersama untuk mengurangi angka pengangguran di Gianyar. 

Melalui kerja keras dan pendampingan, Kabupaten Gianyar meraih beberapa penghargaan tertinggi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Di antaranya, Komitmen Pemerintah Daerah terbaik sebagai daerah kabupaten yang ditetapkan penerima kawasan, Dinas Tenaga Kerja terbaik sebagai pelaksana program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan, Tenaga Kerja Mandiri (TKM) penerima kegiatan kawasan terbaik dan TKM kawasan terbaik dengan mitra terbanyak. 7 nvi

Komentar