nusabali

Pemkab Buleleng Bentuk Relawan

Masih Ditemukan Data Kemiskinan Tercecer

  • www.nusabali.com-pemkab-buleleng-bentuk-relawan

SINGARAJA, NusaBali - Data kemiskinan tercecer masih ditemukan di Buleleng. Beberapa KK Masyarakat Miskin didapati belum pernah mendapatkan bantuan pemerintah. Padahal tahun ini Pemkab Buleleng telah menuntaskan angka kemiskinan ekstrem, melalui program bedah rumah dan program bantuan sosial lainnya Pemerintah Kabupaten Buleleng saat ini membentuk relawan pendataan kemiskinan.

Relawan ini akan bertugas mendata masyarakat miskin tercecer di lapangan. Selanjutnya dilaporkan ke pemerintah untuk dikroscek dan ditangani. Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana di sela-sela kunjungan kerja Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya di Buleleng, Senin (8/4) kemarin.
 
Lihadnyana menjelaskan bedah rumah KK miskin ekstrem di Buleleng sebenarnya sudah tuntas sebanyak 283 unit. Namun ternyata masih ada data yang tercecer. Sehingga perlu inisiasi membentuk relawan untuk mendata kemiskinan lebih independen. Salah satunya KK Miskin dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Kita semua berusaha sangat keras untuk menurunkan kemiskinan. Termasuk bergotong-royong membantu masyarakat. Kalau saya di provinsi bergotong-royong mendanai bantuan yang diberikan,” kata Lihadnyana.

Pejabat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu Buleleng ini menyebut sebagai wujud gotong royong, selain program bedah rumah juga sudah dibuktikan dengan bantuan jaringan listrik gratis PLN.

Sementara itu, Lihadnyana menyatakan untuk program kerja tahun 2024 APBD Buleleng difokuskan ke infrastruktur khususnya jalan. Sehingga, bantuan dari seluruh pihak diterima dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra dan beberapa pimpinan perangkat daerah Provinsi Bali menyerahkan bantuan ke Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Jana Mara Pati Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Udyana Wiguna Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan Buleleng, peletakan batu pertama bantuan bedah rumah di Desa Selat dan Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng.7 k23

Komentar