nusabali

Pohon Kelapa Tumbang Timpa Rumah dan Sakanem

  • www.nusabali.com-pohon-kelapa-tumbang-timpa-rumah-dan-sakanem

AMLAPURA, NusaBali - Pohon kelapa panjang 12 meter dan diameter 30 cm, di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (25/4) pukul 20.00 Wita, tumbang. Pohon ini menimpa bangunan tempat tidur dan Bale Sakanem milik I Nengah Geria. Akibatnya sebagian genteng bangunan jatuh berserakan, kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

Kelian Banjar Pekarangan I Wayan Dita yang melaporkan ke Perbekel Ngis I Ketut Catur Mertayasa, laporan diteruskan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karangasem) selanjutnya empat petugas di bawah koordinasi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD I Nyoman Soko Wijaya langsung melakukan penanganan di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (26/4).

Pohon kelapa yang tumbang dari belakang rumah korban, milik I Gede Pika, tumbang ke arah barat menghantam satu bangunan tempat tidur dan Bale Sakanem. Akibatnya, bagian atap bangunan tempat tidur hancur juga merusak bagian plafon. Sehingga jika hujan turun, kamar tempat tidur akan becek tergenang air hujan.

"Saat kejadian, hujan lebat dan angin kencang. Saya masih di dapur sekeluarga, tiba-tiba terdengar suara hentakan keras, saya jadi kaget," kata I Nengah Geria, yang kemarin hanya bersama istrinya Ni Kadek Antari Asih dan seorang anak.

Padahal, katanya, pohon kelapa itu tegak lurus, posisinya tidak condong ke arah rumah. "Hanya saja bagian akarnya telah keropos," tambahnya.

Di sekitar kediaman korban banyak pohon kelapa, halaman rumah dikelilingi pohon kelapa tinggi-tinggi. BPBD usai melakukan penanganan, menyerahkan bantuan berupa, matras, selimut, sabun, sarung dan terpal.

"Pohon kelapa yang tumbang itu memang bagian akarnya telah keropos, makanya warga mesti berhati-hati. Sebaiknya pohon yang membahayakan, ditebang saja," jelas Soko Wijaya.7k16

Komentar