nusabali

Kadisnaker Gianyar Kunjungi Sejumlah LPK

  • www.nusabali.com-kadisnaker-gianyar-kunjungi-sejumlah-lpk

GIANYAR, NusaBali - Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani mengunjungi sejumlah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kabupaten Gianyar, Senin (18/12).

Kadisnaker datang bersama jajaran Bidang Bina Pelatihan dan Produktivitas serta Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja. Tujuannya, melakukan pembinaan sekaligus melihat secara langsung sarana prasarana pendukung yang dimiliki LPK dalam mendukung pendidikan dan pelatihan sesuai program jurusan yang ditawarkan.

Menurut Dayu Surya, salah satu kontribusi LPK yakni menurunkan angka pengangguran. Berperan serta dalam memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten dengan memberikan pelatihan hard dan soft skill kepada calon tenaga kerja untuk program dan jurusan tertentu. Mulai dari pra kerja hingga menjadi tenaga kerja yang siap kerja sehingga produktivitas dunia usaha dapat didongkrak melalui kemampuan tenaga kerja. Dayu Surya menegaskan, kunjungan ke LPK untuk memastikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai regulasi.

Memastikan proses perizinan pendirian LPK, akreditasi program, dan penyaluran lulusan atau penempatan tenaga kerja harus melalui prosedur yang benar. Melakukan kerja sama dengan lembaga penempatan yang memiliki izin. Turut hadir memberikan pemahaman dari unsur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gianyar. Memberikan informasi dan tata cara teknis proses pendirian LPK, pembaharuan izin maupun proses pelaporan melalui sistem OSS.

Dayu Surya berkomitmen akan terus melakukan kunjungan ke LPK untuk pembinaan dan pemantauan proses pelatihan yang dilaksanakan. “Kunjungan ini akan terus dilakukan ke seluruh LPK. Di Kabupaten Gianyar ada 45 LPK yang memiliki izin dan aktif melakukan kegiatan pelatihan. LPK lainnya silakan menunggu jadwal kunjungan dari kami,” ungkap Dayu Surya. Ada pun LPK yang dikunjungi yaitu LPK Bali Crystal College (BCC) di Banjar Dinas Kelodan, Desa/Kecamatan Tampaksiring dan LPK Sun Glory di Banjar Silakarang, Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati. 7 nvi

Komentar