nusabali

Rashford Menangkan Inggris

Southgate Kesal Pada Kapten Liverpool

  • www.nusabali.com-rashford-menangkan-inggris

Southgate mengaku kesal setelah insiden kegagalan Jordan Henderson mengonversi tendangan penalti. Kekesalan itu bukan pada kegagalan Henderson, tetapi karena kapten Liverpool itu tidak mengikuti urutan algojo penalti yang ditetapkan tim.

MIDDLESBROUGH, NusaBali

Tendangan penalti Marcus Rashford memenangkan tim nasional Inggris saat mengalahkan Rumania 1-0, pada laga pemanasan terakhirnya menjelang babak utama EURO 2020, di Stadion Riverside, Middlesbrough, Senin (7/6) dinihari Wita. Namun pelatih Inggris Gareth Southgate sempat kesal pada Jordan Henderson yang gagal melakukan eksekusi penalti.

Namun Rashford mengonversi penalti pada menit ke-68 untuk membuat kiper Florin Nita mati langkah, setelah Jack Grealish dijatuhkan Tiberiu Capusa di area terlarang. Namun 10 menit kemudian Nita mampu unjuk kemampuan lebih baik dengan mementahkan penalti Inggris berikutnya yang dieksekusi Jordan Henderson.

Laga berlangsung seru dengan kedua tim terlibat jual beli serangan diwarnai dua peluang Inggris membentur mistar gawang di babak pertama, sebelum kemudian kiper Sam Johnstone menggagalkan percobaan dari Deian Sorescu. Johnstone juga mengamankan gawang Inggris dengan penyelamatan gemilang atas tembakan voli jarak dekat Andrei Ivan.

Hasil itu membuat Inggris menyongsong babak utama EURO 2020 dengan kemenangan identik 1-0 atas Austria dan Rumania. Inggris akan mengawali penampilannya di Grup D melawan Kroasia di Wembley, London, Minggu (13/6).

Sedangkan pelatih Gareth Southgate mengaku kesal setelah insiden kegagalan Jordan Henderson mengonversi tendangan penalti. Kekesalan Southgate bukan pada kegagalan Henderson, tetapi karena kapten Liverpool itu tidak mengikuti urutan algojo penalti yang ditetapkan tim.

Setelah absen panjang karena cidera pangkal paha sejak Februari, Henderson masuk sebagai pemain pengganti pada awal babak kedua. Ketika Inggris memperoleh hadiah penalti kedua, Rashford dan James Ward-Prowse sudah keluar dari lapangan, sehingga Dominic Calvert-Lewin seharusnya jadi algojo berikutnya pilihan Southgate. Namun Henderson merebut tugas itu dan mendapati eksekusi penaltinya dimentahkan Nita.

"Kami mengharapkan Dominic Calvert-Lewin mengambil penalti itu dan saya berharap Henderson memberikan kesempatan itu. Kami akan berlaku lebih tegas berikutnya,"kata Southgate.

Henderson sendiri mengaku cukup percaya diri mengambil tendangan penalti itu dan merasa ingin menandai laga kembalinya dengan sebuah gol.  Namun dia menilai kiper Rumania melakukan penyelamatan bagus. Dia merasa senang jika menandai laga kembali dengan gol.

Sementara itu, Southgate menunjuk Ben White (23 tahun) menggantikan Trent Alexander-Arnold dalam skuad Inggris untuk Euro 2020. Ben White tampil impresif dalam kemenangan 1-0 atas Rumania. Bek tengah Brighton itu membuat debut internasional saat Inggris menang 1-0 atas Austria pekan lalu.

Sedangkan Trent Alexander-Arnold absen setelah cidera paha dalam laga melawan Austria. White menjalani musim yang luar biasa bersama Brighton, setelah sebelumnya dia menjadi pemain kunci dalam promosi Leeds United dari Championship saat dipinjamkan pada musim 2019/20. Southgate juga memilih bek tengah mengingat kapten Manchester United Harry Maguire masih berjuang untuk pulih dari cidera pergelangan kaki.

Bek Everton Ben Godfrey dan kapten Southampton James Ward-Prowse adalah opsi lainnya, dan keduanya sudah menunjukkan performanya saat melawan Rumania.

Inggris akan memulai perjalanannya dalam ajang Euro 2020 pada Minggu di Wembley melawan Kroasia yang mengalahkan mereka dalam semifinal Piala Dunia 2018. *ant

Komentar