nusabali

Gubernur Koster Tegaskan Komitmen untuk Keterbukaan Informasi Publik

Lantik Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Bali Periode 2021-2025

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-tegaskan-komitmen-untuk-keterbukaan-informasi-publik

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster mengajak Anggota/Komisioner Komisi Informasi (KI)  yang baru untuk menjaga independensi, berpegang teguh pada ketentuan yang berlaku serta turut berperan dalam menjalankan UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Adalah komitmen kita bersama, Pemprov Bali dengan DPRD Provinsi Bali untuk mengimplementasikan UU tersebut secara konsisten di Provinsi Bali,” tandas Gubernur Koster dalam acara Pelantikan Komisi Informasi (KI) Masa Jabatan 2021-2025 di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Jayasabha, Denpasar pada, Kamis (28/1) siang.

Gubernur Koster pun mewanti para anggota KI yang baru untuk menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab baik kepada Tuhan maupun kepada masyarakat. “Seleksi anggota ini sepenuhnya menggunakan skor yang diperoleh tim seleksi melalui tes yang bersifat akademisi, tanpa intervensi siapapun. Jadi yang sekarang dilantik adalah mereka yang nilainya terbaik, teratas, jadi pertanggung jawabkan secara sekala dan niskala, jangan ada yang main-main, ” katanya.

Bagi Pemprov Bali, Gubernur Koster menyebut keterbukaan informasi publik sangat sejalan dengan visi Nangun Sat kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru di mana dalam salah satu misinya berbunyi mengembangkan sistem tata kelola pemerintahan daerah yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel dan bersih serta meningkatkan pelayan publik terpadu yang cepat, pasti dan murah. “Perwujudan misi tersebut adalah penyelenggaraan pemerintahan yang bertransformasi menuju digital,” tegas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

Sementara Ketua KI Pusat, Gede Narayana menghaturkan terimakasih atas komisioner KI Bali 2015-2020 yang telah mendharma bhaktikan dirinya dalam menjalankan tugas-tugas terkait keterbukaan informasi publik. “Terlepas ada kelemahan atau yang lainnya, teman-teman telah berusaha sekuatnya untuk membumikan keterbukaan informasi publik (KIP) selama masa tugasnya di Bali,” katanya.

Kepada komisioner yang baru dilantik Narayana mengajak semuanya untuk membangun semangat yang baru untuk kinerja yang lebih baik, menyempurnakan tugas sesuai ketentuan.

Sementara lima orang anggota KI Bali yang dilantik kemarin, yakni Ni Luh Candrawati Sari, I Made Agus Wirajaya, Agus Suryawan, I Wayan Darma dan Dewa Nyoman Suardana. Mereka dilantik langsung oleh Gubernur Bali disaksikan rohaniawan. *nat

Komentar