nusabali

Banten Siap Ikuti Utsawa Dharma Gita Nasional

  • www.nusabali.com-banten-siap-ikuti-utsawa-dharma-gita-nasional

JAKARTA, NusaBali
Kontingen Provinsi Banten siap mengikuti Utsawa Dharma Gita (UDG) nasional secara virtual.

Namun mereka masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. Lantaran UDG yang seharusnya berlangsung pada Oktober 2020 di Ambon, Maluku, ditunda menjadi tahun 2021 karena ada pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan UDG nasional akan dilakukan secara virtual, tetapi belum diketahui kapan. Kami masih menanti juknis dari pusat. Meski begitu, kami sudah siap mengikuti UDG nasional tersebut,” ujar Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten, Sunarto, kepada NusaBali, Senin (4/1). Sunarto mengatakan, Provinsi Banten siap mengikuti UDG nasional 2021 lantaran telah melakukan seleksi internal usai UDG nasional di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2017 lalu. Seleksi internal mereka lakukan mulai dari tingkat pasraman.

Selanjutnya perwakilan dari masing-masing pasraman saling berhadapan untuk bisa mewakili Provinsi Banten. Di Banten ada enam pasraman. “Seleksi internal kami lakukan tahun 2019 kemarin. Selanjutnya kami melakukan pembinaan kepada mereka di tahun 2020,” ucap Sunarto. Adanya pandemi Covid-19, pembinaan tetap berjalan di masing-masing pasraman. Para pemenang yang mewakili Provinsi Banten dibina langsung oleh guru pasraman mereka secara virtual pula. Dengan begitu mereka bisa saling komunikasi.

Di UDG nasional, Provinsi Banten mengikuti seluruh nomor yang dilombakan yaitu 34 nomor. Berdasarkan rencana mereka mengirimkan 57 orang yang merupakan perserta dan official team. Sunarto berharap prestasi perwakilan Provinsi Banten di UDG nasional nanti lebih baik dari 2017 lalu. Kala itu Banten berhasil membawa juara di nomor Dharma Wacana bahasa Inggris dewasa putri dan Dharma Wacana bahasa Indonesia anak-anak putra. Saat itu Provinsi Bali menjadi juara umum dengan meraih 23 juara dari 34 nomor yang dilombakan. Hasil itu mengantarkan Bali menjadi juara umum empat kali berturut-turut yakni tahun 2008, 2011, 2014 dan 2017. *k22

loading...

Komentar