nusabali

60 Pemudik Ikuti Program Mudik Gratis Polres Buleleng

  • www.nusabali.com-60-pemudik-ikuti-program-mudik-gratis-polres-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 60 orang pemudik yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, mengikuti program mudik gratis yang digelar Polres Buleleng, pada Jumat (5/4) pagi. Mudik gratis ini menggunakan dua bus dan berangkat dari Mapolres Buleleng. Dalam program tersebut, puluhan pemudik diantar ke sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, puluhan pemudik tersebut diangkut dengan menggunakan dua armada bus. Mereka akan diantar hingga Kota Surabaya. Rute yang ditempuh mulai dari Buleleng, Pelabuhan Gilimanuk, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, hingga turun di Surabaya. 

AKBP Widwan menyebut, program mudik ini ditujukan bagi warga yang perekonomiannya kurang mampu. Sebelum diberangkatkan, dua kendaraan yang digunakan tersebut pun dilakukan ramp chek oleh petugas Dinas Perhubungan Buleleng. Pengecekan dilakukan, untuk memastikan kendaraan yang digunakan laik digunakan. 

“Sebagai bentuk keseriusan kita. Kita juga lakukan uji kelayakan armada yang digunakan, disamping kita juga melakukan tes urine terhadap sopir dan kernet bus,” ujarnya ditemui usai melepas puluhan pemudik. 

AKBP Widwan menambahkan, selain mudik gratis untuk Umat Muslim, pihaknya juga menyediakan kendaraan untuk Umat Hindu yang nangkil pada piodalan Bhatara Turun Kabeh. “Kalau masyarakat Buleleng ada yang mau nangkil, bisa hubungi saya. Akan disiapkan kendaraan juga BBM-nya full,” kata dia.

Sementara itu, salah satu pemudik Muhammad Abdur mengatakan, merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut. Dia mengaku, pada Lebaran sebelum-sebelumnya selalu pulang ke kampung halamanya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Biasanya sekali pulang, perorangnya disebut menelan biaya Rp 250 ribu.

“Sebelum ada mudik gratis ini, saya lewat darat biasa naik bus juga. Dari sini sampai Gilimanuk. Bis langsung ke Surabaya Rp 250 ribu. Dengan mudik gratis ini sangat membantu. Saya ikut dengan istri dan anak dua,” ujarnya. Ia berharap, program yang sama juga diberikan saat arus balik. 7 mzk

Komentar