nusabali

De Gea Blunder, Spanyol Tumbang

Lambat Panas, Jerman Diimbangi Swiss

  • www.nusabali.com-de-gea-blunder-spanyol-tumbang

KIEV, NusaBali
Spanyol takluk 0-1 dari Ukraina pada laga Divisi A Grup 4 (A4) UEFA Nations League 2020/2021, di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Selasa Rabu (14/10) dinihari Wita. Gol semata wayang pada laga itu dibuat Viktor Tsigankov pada menit ke-76.

Kemenangan itu membuat Ukraina di posisi ketiga klasemen A4 dengan enam poin. Sedangkan Spanyol tetap di puncak klasemen dengan tujuh poin. Laga lainnya di grup A4, Jerman bermain imbang 3-3 lawan Swiss.  Pada klasemen grup, Jerman di posisi kedua dengan enam poin, dan Swiss dua poin.

Laga tersebut ditandai penampilan gemilang kiper Ukraina George Bushcan, yang berjibaku menyelamatkan gawangnya. Ukraina hanya mencatat 21 persen penguasaan bola. Namun Spanyol kecolongan saat David Dea Gea meninggalkan posisinya, ketika Ukraina melakukan serangan balik.

Umpan terobosan Andriy Yarmolenko diantara dua bek tengah Spanyol, dimanfaatkan Tsingankov yang berlari mendekati kotak penalti dan melepaskan tembakan. De Gea, yang berdiri jauh di depan gawang, tak bisa menghentikan bola sepakan Tsingankov.

Meski De Gea bikin blunder, pelatih Spanyol Luis Enrique enggan menyalahkannya. Kekalahan Spanyol disebut Enrique jadi tanggung jawab seluruh skuat atas setiap gol. Namun Enrique berjanji membuat perbaikan dan menciptakan lebih banyak peluang.

Sedangkan pelatih kepala Ukraina Andriy Shevchenko senang luar biasa dan memuji habis timnya karena berhasil melupakan kekalahan 1-7 melawan Prancis, dengan menang mengejutkan 1-0 atas Spanyol. Kemenangan yang pertama bagi Ukraina dalam tujuh pertemuan dengan Spanyol dan sekaligus mengakhiri tiga kali kalah berturut-turut setelah dibantai Spanyol 1-4, lalu dihabisi Prancis 1-7 dan dibekuk Jerman 1-2.

"Saya bahkan tak perlu mengatakan apa-apa karena pemain-pemain saya sudah mengatakannya dengan prilaku dan komitmen mereka," kata Shevchenko.

Sementara itu, drama enam gol tersaji saat Swiss menahan imbang Jerman di Stadion RheinEnergie, Cologne, Rabu dinihari Wita. Swiss unggul 2-0 lebih dulu lewat Mario Gavranovic pada menit ke-5 dan Remo Freuler (26). Jerman menyamakan 2-2 melalui Timo Werner (28). danKai Havertz (55). Swiss unggul lagi 3-2 lewat gol kedua Gavranovic  (57), dan Serge Gnabry (60) menyelamatkan Jerman 3-3.

Pelatih Jerman Joachim Loew (60 tahun), menyesalkan timnya terlambat panas. Loew mengakui laga tersebut terbilang sulit bagi Jerman, karena Swiss berani meladeni permainan cepat tim asuhannya. Loew bertekad memperbaiki kesalahan timnya mengingat Euro semakin dekat. Dia bertekad membawa timnya paling tidak menembus semifinal. *ant

loading...

Komentar