nusabali

Libas Norwegia, Spanyol Ajak Skotlandia ke Jerman

Turki Lolos, Kroasia dan Wales Bersaing Hingga Akhir

  • www.nusabali.com-libas-norwegia-spanyol-ajak-skotlandia-ke-jerman

OSLO, NusaBali - Timnas Spanyol menyegel satu tempat di ajang Euro 2024, usai menaklukkan Norwegia 1-0, dalam lanjutan pertandingan Kualifikasi Grup A, di Stadion Ullevaal, Oslo, Senin (16/10) dinihari WITA. Gol tunggal kemenangan Spanyol dicetak gelandang Barcelona, Gavi pada menit ke-49.

Kemenangan Spanyol itu berdampak positif pada Skotlandia, yang juga lolos ke Jerman, bersama Turki. Ketiganya menyusul tiga negara pertama yang lolos  lewat babak kualifikasi, yakni Prancis, Portugal, dan Belgia. So, bersama tuan rumah Jerman, kini sudah delapan tim yang berlaga di putaran final Piala Eropa 2024.

Kini Spanyol di peringkat pertama klasemen sementara Grup A dengan 15 poin dari enam laga. Tim Matador, memiliki poin sama dengan Skotlandia yang menempati posisi kedua. Baik Spanyol maupun Skotlandia dipastikan lolos ke Euro 2024 karena raihan poin kedua tim tak akan terkejar tim peringkat ketiga Norwegia, yang mengumpulkan 10 poin dan hanya menyisakan satu laga.

Meskipun begitu, peluang Norwegia tetap terbuka untuk melaju ke putaran final Euro 2024, melalui jalur play-off yang berdasarkan pencapaian negara pada UEFA Nations League musim lalu.

Dalam laga Norwegia vs Spanyol,  secara statistik tim tamu unggul penguasaan bola dengan 64 persen serta total melepaskan 12 tendangan yang dua di antaranya tepat sasaran.

Spanyol sejatinya sempat membobol gawang Norwegia pada menit ke-20 melalui Alvaro Morata setelah menerima umpan Dani Carvajal. Namun gol tersebut dianulir wasit setelah berkonsultasi dengan VAR karena Morata lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Pada sisa waktu babak pertama, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan dan kerap beberapa kali memberikan ancaman melalui Morata, Ferran Torres hingga Rodri, namun sampai turun minum skor sama kuat 0-0 tetap bertahan. 

Sementara itu, Turki melaju ke putaran final Euro 2024 , sedangkan Wales mengalahkan Kroasia 2-1, Senin dinihari Wita. Turki meraih kemenangan besar 4-0 atas Latvia, dalam laga kualifikasi Euro 2024 Grup D, di Stadion Konya Buyuksehir, Konya. Gol kemenangan Turki dicetak Yunus Akgun, Cenk Tosun (2) dan Kerem Akturkoglu.

Hasil itu membuat Turki menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup D dengan 16 poin dari tujuh laga, sedangkan Latvia di posisi juru kunci dengan tiga poin.

Sementara itu, Wales menjaga harapan lolos ke Jerman setelah menang 2-1 atas Kroasia dalam kualifikasi Grup D di Stadion Cardiff, Cardiff. Dua gol Wales dicetak Harry Wilson, dan satu gol Kroasia melalui Mario Pasalic.

Kini Wales di posisi kedua klasemen sementara Grup D dengan 10 poin dari lima laga, memiliki poin sama dengan Kroasia yang menghuni peringkat tiga. Jika Wales dan Kroasia mampu menyapu bersih dua laga tersisa, dan Turki kalah pada laga terakhir, maka Wales dan Turki yang lolos ke putaran final Euro 2024.

Hal tersebut terjadi karena jika terdapat dua negara atau lebih yang memiliki poin sama, maka akan diterapkan mini klasemen yang melibatkan negara-negara tersebut. ant

Komentar