nusabali

Kini Los Blancos Diunggulkan

El Clasico Real Madrid vs Barcelona

  • www.nusabali.com-kini-los-blancos-diunggulkan

MADRID, NusaBali - Real Madrid siap menjamu Barcelona dalam laga El Clasico pekan ke-32 LaLiga Spanyol, di Santiago Bernabeu, Madrid, Senin (22/4) dinihari, pukul 03:00 WITA. Jelang laga kedua tim dalam kondisi berbeda, usai pertandingan perempatfinal Liga Champions, pekan lalu.

Real Madrid sendiri saat ini memimpin klasemen dengan 78 poin. Barcelona di urutan kedua dengan 70 poin. Madrid akan menjauh dan memperbesar peluang juara jika mampu kembali mengalahkan rivalnya itu.

Madrid juga sudah dua kali bertemu dengan Barcelona musim ini, dan selalu menang. Pada pekan ke-11, dua gol pembalik keadaan Jude Bellingham membawa Madrid menang 2-1 di kandang Barcelona. Sesudah itu, hattrick Vinicius Junior dan satu gol Rodrygo memberi Madrid kemenangan 4-1 atas Barcelona di final Supercopa de Espana.

El Clasico bisa saja berlangsung cukup ketat. Sebab, Madrid maupun Barcelona sama-sama mengusung statistik yang hebat. Di La Liga, Madrid belum terkalahkan dalam laga kandangnya dan tak terkalahkan dalam 25 laga terakhir. Sedangkan Barcelona belum terkalahkan dalam laga  tandang LaLga.

Namun spirit tinggi seiring nasib kontras di perempatfinal Liga Champions membuat Madrid cukup layak difavoritkan. Ya, Madrid sukses menyingkirkan Manchester City dan lolos ke semifinal, usai menang adu penalti dalam agregat 4-4.  Sebaliknya, Barcelona disingkirkan PSG usai kalah agregat 4-6. Menang 3-2 pada leg pertama, Barcelona kalah 1-4 pada leg kedua di kandang.

Tiga pemain diprediksi akan memberikan perubahan dalam El Clasico nanti. Namun, dengan melihat kondisi terkini sepertinya daftar ini akan diisi lebih banyak pemain Real Madrid.

Real Madrid mulai melakukan peremajaan pada skuadnya belakangan ini. Beberapa pemain muda berbakat didatangkan manajemen Los Merengues. Namun, ada satu sosok pemain senior yang masih sulit digeser, yakni gelandang asal Jerman, Toni Kroos.

Di usianya 34 tahun, Toni Kroos masih tampil solid. Di musim ini, eks pemain Bayern Muenchen itu mencatatkan 41 penampilan bersama Real Madrid dengan satu gol dan tujuh assist.

Nama kedua jelas Vinicius Junior, yang punya skill dan kecepatan luar biasa. Vinicius tak selalu diandalkan mencetak gol. Namun, dia cukup pandai memprovokasi emosi lawan. Sesuatu yang sangat penting dalam El Clasico.

Di sisi Barcelona, sulit mencari pemain yang konsisten di sepanjang musim. Ilkay Gundogan menjadi satu dari sedikit stok itu. Gundogan menjadi sosok penting di lini tengah Barcelona. Kemampuannya mengontrol permainan juga sangat terjaga. *

Prediksi Starting XI 
Real Madrid (4-3-1-2): Lunin; Mendy, Nacho, Rudiger, Carvajal; Kroos, Tchouameni, Valverde; Bellingham; Vinicius Junior, Rodrygo. Pelatih: Carlo Ancelotti.
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Cancelo, Cubarsi, Araujo, Kounde; Gundogan, De Jong, Pedri; Raphinha, Lewandowski, Yamal. Pelatih: Xavi.

Lima Laga Terakhir
15-01-2024 Madrid 4-1 Barcelona (Supercopa)
28-10-2023 Barcelona 1-2 Madrid (La Liga)
06-04-2023 Barcelona 0-4 Madrid (Copa del Rey)
20-03-2023 Barcelona 2-1 Madrid (La Liga)
03-03-2023 Madrid 0-1 Barcelona (Copa del Rey).

Komentar