nusabali

Spanyol Ditahan Uzbekistan, Mali Tembus 16 Besar

  • www.nusabali.com-spanyol-ditahan-uzbekistan-mali-tembus-16-besar

SOLO, NusaBali - Spanyol gagal meraih poin sempurna di babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023. Tim Matador Muda ditahan imbang 2-2 oleh Uzbekistan, pada laga pamungkas Grup B di Stadion Manahan, Solo, Kamis (16/11) sore.

Dalam laga itu, Spanyol memarkir striker potensial Barcelona, Marc Guiu. Dalam rotasi skuad, Spanyol mampu unggul 2-0 lebih melalui gol yang dicetak Igor Oyono Oyana dan Roberto Martin Uruel.

Uzbekistan memperkecil kedudukan lewat gol Behruz Shukurullaev memanfaatkan kesalahan kiper Spanyol. Spanyol kebobolan lagi pada awal babak kedua. Amirbek Saidof menjebol gawang Raul Jimenez menit ke-53.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga bubar. Hasil ini membuat Spanyol mengoleksi tujuh poin. La Furia Roja menjadi juara Grup B dan lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan Uzbekistan di urutan ketiga dengan nilai empat, harus menunggu klasemen kecil untuk lolos ke 16 besar dengan predikat peringkat ketiga terbaik. Sedangkan Mali maju ke 16 besar setelah mengalahkan Kanada 5-1. Mali diurutan kedua dengan nilai 6 menjadi runner up grup B.

Mali U-17 mengalahkan Kanada 5-1 dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Kamis. Gol-gol Mali masing-masing dicetak Ibrahim Diarra menit ke-14, Mahamoud Barry (26), Ibrahim Kanate (73), Hamidou Makalou (77) dan Ousmane Thiero (90+1). Sedangkan gol Kanada dicetak Richard Chukwu (45).

Kekalahan 1-5 dari Mali membuat Kanada menjadi negara pertama yang harus angkat koper dari Indonesia menyusul kegagalan tersebut. Padahal awalnya, Kanada diprediksi mampu bersaing di Grup B. 

Namun, pasukan pelatih Andrew Olivieri gagal berbuat banyak. Mereka tak mampu mendulang satu pun poin dari tiga laga. Kanada jadi juru kunci klasemen akhir Grup B, dengan tanpa poin dan kebobolan 10 kali, dan hanya mencetak satu gol.

Dengan tambahkan Mali, kini sudah ada tujuh tim yang lolos ke 16 besar. Keenam tim itu, yakni Spanyol, Inggris, Senegal, Prancis, Amerika Serikat dan Jerman. Keenam tim itu berhasil mengumpulkan dua kemenangan dari dua laga yang mereka jalani.

Dalam regulasi Piala Dunia U-17 2023, dua tim terbaik dari total enam grup yakni peringkat pertama dan kedua setelah menjalankan babak penyisihan berhak lolos ke 16 besar. Sisanya empat kursi yang akan diperebutkan tim peringkat tiga terbaik dari masing-masing grup. Mereka akan melengkapi jumlah total 16 tim yang berlaga dengan knock out system.ant

Komentar