nusabali

Ansu Fati Mematikan

Ramos Dua Gol, Spanyol Hajar Ukraina 4-0

  • www.nusabali.com-ansu-fati-mematikan

Dia baru berusia 17 tahun dan tampil matang. Pada laga keduanya bersama tim nasional Spanyol, dia berani melakukan semuanya. Dia bekerja keras dan tetap merendahkan hatinya.

MADRID, NusaBali
Striker belia Barcelona Ansu Fati jadi pemain timnas termuda Spanyol yang mencetak gol saat berusia 17 tahun 311 hari. Ansu Fati tampil inspiratif dan membawa Tim Matador menang besar 4-0 atas Ukraina, dalam matchday kedua laga Liga A Grup 4 UEFA League Nations, di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid, Senin (7/9) dinihari Wita.

Penampilan mematikan nan menakjubkan Ansu Fati diapresiasi pelatih Luis Enrique. Melansir Opta, Fati membuat enam kali tembakan dengan dua tepat sasaran, enam kali melewati lawan, dan 10 sentuhan di kotak penalti lawan. Dia juga berperan dalam dua gol Spanyol.

Gol pertama Spanyol dari titik putih diawali pelanggaran Fati di kotak terlarang. Fati juga mencetak gol ketiga La Furia Roja di menit ke-32 lewat bola terukur dari luar kotak penalti.

Luis Enrique menilai Fati bakal tetap membumi meskipun kini menjadi salah satu pemain top di skuatnya. Meskipun mengenal Asu Fati, tapi Enrique mengaku terkejut penampilan Fati. Bahkan gerakan pada menit kedua untuk menerobos pertahanan Ukrainan, membuat Spanyol mendapat hadiah penalti.

"Dia baru berusia 17 tahun dan harus tampil matang, tetapi di laga keduanya bersama tim nasional, dia berani melakukan semuanya. Dia bekerja keras dan tetap merendah,"kata mantan pelatih Barcelona itu, dikutip Omnisport.

Kapten Sergio Ramos membuka pesta gol Spanyol dari titik penalti pada menit ketiga setelah Fati dilanggar pemain Ukraina di kotak penalti.  Ramos juga mencetak gol kednya pada menit ke-29 dari sundulan.

Fati berulang kali nyaris menciptakan gol dan akhirnya mencetak golnya lewat penampilan inspiratifnya pada menit ke-33. Pemain pengganti Ferran Torres (20) membuat gol keempat pada menit ke-84.

Fati yang genap berusia 18 tahun pada 31 Oktober nanti menciptakan gol pertamanya dari tendangan luar biasa di luar kotak penalti. Dia meruntuhkan rekor Juan Errazquin sebagai pemain termuda Spanyol yang menciptakan gol, yang 95 tahun tak terpecahkan. Saat itu Errazquin mencetak gol saat laga Spanyol vs Swiss pada 1925, dalam usia 18 tahun 344 hari.

Tahun lalu Fati jadi pencetak gol termuda sepanjang masa Barcelona saat lawan Osasuna dalam laga LaLiga. Fati juga jadi pemain paling muda yang mencetak gol dalam Liga Champions saat membuat gol ke gawang Inter Milan pada Desember 2019. Fati dilahirkan di Guinea-Bissau dan hijrah ke Spanyol dalam usia enam tahun bersama keluarganya. *

Komentar